Tuesday, September 27, 2022
No menu items!
spot_img
HomeEkonomiHipmi Siap Antar UMKM ke Pasar Internasional

Hipmi Siap Antar UMKM ke Pasar Internasional

Jakarta, benang.id – Himpunan Pengusaha Muda Indonesia (Hipmi) menginisiasi perhelatan Hipmi International Business Forum yang merupakan rangkaian acara dari rencana kegiatan kunjungan Hipmi ke Amerika Serikat (AS) dan Eropa yang rencananya akan diadakan pada Agustus mendatang.

Ketua Bidang Investasi, Infokom & Kerjasama Internasional Badan Pengurus Pusat (BPP) Hipmi Dede Indra Permana Soediro yang mewakili Ketua Umum BPP Hipmi Mardani H. Maming mengatakan, kegiatan ini adalah upaya dari Hipmi untuk membantu membuka akses pasar produk usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) dari seluruh Indonesia ke pasar global melalui format acara yang dirancang dengan kerja sama antara pengusaha muda dan pemerintah.

“Ini kita tindaklanjut untuk memverifikasi produk-produk daerah yang mana nanti akan kita bawa ke pasar Amerika. Untuk itu, acara ini merupakan agenda strategis yang diadakan pada setiap kepengurusan BPP Hipmi, momentum ini akan memanfaatkan untuk membantu membuka peluang yang sebesar-besarnya bagi seluruh anggota Hipmi dan UMKM menembus pasar global karena UMKM selain unggul di domestik juga siap untuk diekspor go international,” ujar Dede, saat membuka acara Hipmi International Business Forum di Ballroom The Ritz Carlton Pacific Place, Jakarta, Kamis (19/5/2022).

Hipmi Business Forum
Hipmi International Business Forum di Ballroom The Ritz Carlton Pacific Place, Jakarta, Kamis (19/5/2022). Foto: Hipmi/IST

Dalam kesempatan yang sama, Duta Besar Indonesia untuk AS Rosan P Roeslani mengatakan, kebangkitan sektor UMKM dapat berdampak dan mempercepat pemulihan ekonomi Indonesia. Menurutnya, sektor ini memang sudah menjadi tulang punggung Indonesia.

Dengan tema ‘Mengantar UMKM Indonesia Menuju Pasar Amerika, ia menyebut, jumlah sektor bisnis UMKM di Indonesia pada 2021 mencapai 64,19 juta dengan partisipasi terhadap produk domestik bruto (PDB) sebesar 61,97% atau senilai Rp 8,6 triliun. Sektor bisnis UMKM memiliki peranan terhadap perbaikan ekonomi Indonesia, terlihat dengan kemampuannya menyerap 97% tenaga kerja dan mengintegrasikan investasi sebesar 60,4%.

“UMKM adalah tulang punggung ekonomi nasional dan peranan penting dalam membantu pemulihan ekonomi nasional. Peran UMKM di Indonesia memberikan kontribusi kurang lebih 61% dari PDB kita, serta menyerap tenaga kerja lebih dari 95% dari 131 juta tenaga kerja di Indonesia,” ucap Rosan.

Hipmi Business Forum
Hipmi International Business Forum di Ballroom The Ritz Carlton Pacific Place, Jakarta, Kamis (19/5/2022). Foto: Hipmi/IST

Perlahan tapi pasti, menurutnya, sektor UMKM menunjukkan nilai positif. Banyak dari UMKM yang berhasil beradaptasi di tengah pandemi hingga omzetnya naik berkali lipat.

“Namun, hal tersebut tak datang begitu saja. Kebangkitan UMKM justru terjadi karena kemampuan mempertahankan daya saing lewat digitalisasi,” ungkapnya.

Forum bisnis tersebut dihadiri antara lain Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Salahuddin Uno, Walikota Solo Gibran Rakabuming, Ketua Umum BPD Hipmi Jaya Sona Maesana, Ketua Umum BPD Hipmi Jawa Tengah Wulan Rudy Prasetiyo, dan Ketua Umum BPD Hipmi Sumatera Selatan Hermansyah Mastari.

RELATED ARTICLES

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Most Popular

Recent Comments