Wednesday, November 30, 2022
No menu items!
spot_img
HomeNasionalIduladha 1443 H, Menkominfo Dorong Masyarakat Sebarkan Nilai Saling Berbagi

Iduladha 1443 H, Menkominfo Dorong Masyarakat Sebarkan Nilai Saling Berbagi

Jakarta, benang.id – Pemerintah telah menetapkan Hari Raya Iduladha 1443 Hijriah jatuh pada tanggal 10 Juli 2022. Menjelang peringatan Hari Raya Iduladha, Menteri Komunikasi dan Informatika Johnny G. Plate mengajak para shohibul kurban untuk terus menyampaikan pesan dan nilai-nilai saling berbagi. 

“Dengan ini saya menyerahkan hewan kurban untuk nantinya dibagikan kepada yang berhak menerima di Hari Raya Iduladha 1443 Hijriah. Saya berharap pesan dan amanat peringatan atas Nabi Ismail oleh Nabi Ibrahim kepada Tuhan yang kita laksanakan ini adalah nilai-nilai yang juga berimplikasi universal. Tidak saja kepada umat muslim tapi kepada masyarakat dunia dan umat agama lainnya,” tuturnya dalam Penyerahan Hewan Kurban di Pelataran Masjid At-Taqwa Kementerian Kominfo, Jakarta Pusat, Jumat (8/7/2022), seperti dilansir kominfo.go.id.

Menteri Johnny menilai, momentum kurban yang dilakukan keluarga besar Kementerian Kominfo dan ekosistem mitra sudah selayaknya menjadi momentum untuk saling berbagi dengan prinsip kegotongroyongan, subsidiaritas, dan saling membantu.

“Karena kesempatan untuk berbagi tidak saja bagi yang lapang, tapi juga bagi yang sempit. Semua mempunyai kesempatan berbagi, itu nilai universal, subsidiaritas, saling berbagi,” tandasnya.

Menurut Menkominfo, prinsip lain yang tidak kalah penting adalah saling memaafkan yang juga menjadi nilai universal kepada umat manusia. Terlebih lagi jika memaafkan tanpa diminta.

“Itulah relasi, Indonesia saat ini membutuhkan kegotongroyongan, butuh kolaborasi. Tidak saja lintas institusi pemerintah kementerian, lembaga dan pemerintah daerah, tetapi kepada seluruh ekosistem bangsa, pentahelix bangsa. Saling bergotong royong untuk menghadapi tantangan yang besar, tantangan pandemi Covid-19, dan tantangan perubahan geostrategis yang saat ini kita rasakan,” jelasnya. 

Kepada sivitas Kementerian Kominfo dan mitra kerja, Menteri Johnny mengingatkan bahwa potensi krisis pangan, energi, keuangan, bahkan potensi krisis perekonomian yang melanda dunia dan Indonesia ini harus menjadi perhatian semua pihak. 

“Oleh karenanya, dengan semangat kegotongroyongan itu mudah-mudahan kita sekalian bisa lebih diperkuat, dan lebih saling memperkuat satu sama lain,” ujarnya. 

Sertifikat Bebas PMK

Penyelenggaraan dan pelaksanaan kurban di Kementerian Kominfo tahun ini mengalami peningkatan dari sebelumnya berjumlah 11 ekor sapi menjadi 16 ekor sapi dan satu kambing. Menkominfo berharap peningkatan tersebut tidak hanya dilihat dalam jumlah kuantitatif, tetapi juga manifestasi dari peningkatan nilai-nilai religius, semangat berkurban, semangat saling memaafkan, dan saling membantu. 

“Tadi juga disampaikan bahwa 16 ekor sapi dan satu kambing ini betul-betul sudah mempunyai sertifikat bebas PMK (penyakit mulut dan kuku). Jadi sapinya, kambingnya sehat dan mudah-mudahan dibagikan dan dinikmati oleh semuanya untuk kesehatan kita semuanya,” ujarnya.

Menteri Johnny berharap penyelenggaraan Iduladha 1443 Hijriah dan pembagian hewan kurban di lingkungan Kementerian Kominfo dapat berguna dan bermanfaat bagi yang berhak menerima. 

“Bersama mitra kerja, Kementerian Kominfo akan membagikan lebih dari seribu paket hewan kurban. Ini direncanakan untuk dibagikan kepada 1.690 penerima plus shohibul kurbannya, baik beliau sendiri maupun keluarganya. Untuk itu, kita laksanakan dalam 450 paket. Sekaligus saya berharap, bahwa ibadah kurban ini tidak saja dilaksanakan secara fisik, tapi juga kepada kita sekalian untuk berani menjadi shohibul kurban dalam karya keseharian kita, di dalam pekerjaan kita sehari-hari,” ungkapnya.

Sementara itu, Direktur Jenderal Sumber Daya dan Perangkat Pos dan Informatika Ismail menyatakan pelaksanaan dan rangkaian ibadah kurban dan Hari Raya Iduladha di Kementerian Kominfo dan para mitra merupakan kegiatan rutin setiap tahun. 

Dirjen SDPPI selaku ketua panitia penyelenggaraan hewan kurban dan Hari Raya Iduladha 1443 Hijriah Kementerian Kominfo melaporkan, dari 16 sapi dan satu kambing telah mendapatkan Sertifikat bebas dari Penyakit Mulut dan Kuku (PMK) dan seluruhnya dalam keadaan sehat serta layak disembelih.

“Bapak Menteri, tahun ini kami melaporkan, alhamdulillah hewan-hewan kurban kita sangat sehat dan sudah dicek juga oleh teman-teman. Juga sesuai edaran Menteri Agama Republik Indonesia Nomor 10 tahun 2022 tentang Panduan Penyelenggaraan Shalat Hari Raya Iduladha tahun 1443 ini akan disembelih pada hari tasyrik dan diutamakan di rumah pemotongan hewan,” ujarnya.

Penyembelihan hewan kurban akan dilaksanakan pada hari Senin (11/7/2022) di Rumah Potong Hewan Ruminansia CV Putri Basuki Bintara, Bekasi. Dari total 1.690 orang yang berhak menerima, akan disiapkan dalam 450 paket itu dibagikan di daerah Jonggol, Bekasi, dan Karawang. 

“Adapun rincian dari sapi 16 itu yang pertama dari Pak Menteri sendiri yang hari ini dibawakan untuk diserahkan secara simbolik berjenis limosin muda, lebih besar sekali. Alhamdulillah, kami ucapkan terima kasih. Kemudian dari Sekretariat Jenderal 2 ekor, Ditjen SDPPI 2 ekor, Ditjen PPI 1 ekor, Ditjen IKP 1 ekor, Ditjen Aptika 1 ekor, Balitbang SDM 1 ekor, dan dari BAKTI Kominfo 1 ekor,” jelas Dirjen Ismail.

Dirjen SDPPI Kementerian Kominfo menyampaikan apresiasi dan terima kasih kepada mitra kerja yang turut berpartisipasi. Dengan rincian masing-masing antara lain Telkom Indonesia satu ekor sapi, Telkomsel satu ekor, GoTo 1 ekor, Bank Syariah Indonesia satu ekor, serta iForte dua ekor. 

“Jadi semua jumlahnya menjadi 16 ekor sapi, ucapan terima kasih yang sebesar-besarnya atas partisipasi dan mudah-mudahan ini mendapat balasan dari Allah SWT,” ungkapnya.

Dalam kegiatan penyerahan hewan kurban Kementerian Kominfo, hadir Sekretaris Jenderal Mira Tayyiba, Inspektur Jenderal Doddy Setiadi, serta perwakilan mitra kerja Telkom Indonesia, Telkomsel, GoTo, Bank Syariah Indonesia, dan iForte.

RELATED ARTICLES

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Most Popular

Recent Comments