Monday, July 15, 2024
No menu items!
spot_img
HomeNasionalIni Kolaborasi Kodim 1311 dengan KPU dan Bawaslu dalam Sukseskan Pemilu dan...

Ini Kolaborasi Kodim 1311 dengan KPU dan Bawaslu dalam Sukseskan Pemilu dan Pilkada di Morowali

Morowali, benang.id – Untuk memastikan kelancaran dan keamanan proses demokrasi, demi suksesnya Pemilihan Umum (Pemilu), Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada), dan Pemilihan Legislatif (Pileg) di Kabupaten Morowali, TNI di wilayah Morowali dan Morowali Utara telah berkomitmen untuk menjaga netralitas dalam proses politik, sebagaimana yang diatur dalam Undang-Undang.

Hal ini merupakan langkah penting untuk mendukung kestabilan politik dan perkembangan demokrasi di tingkat daerah.

Dandim 1311/Morowali, Letkol Inf Alzaki MM MBA MMAS (tengah) saat sosialisasi Ketua KPU & Ketua Bawaslu Kabupaten Morowali. Foto: Istimewa

“Di sisi lain, TNI juga memahami bahwa kami memiliki peran strategis dalam menjaga keamanan selama proses pemilihan,” tutur Dandim 1311/Morowali, Letkol Inf Alzaki, dalam keterangan yang diterima di Jakarta, Kamis (12/10/2023).

“Kami memahami pentingnya peran TNI dalam memberikan rasa aman dan nyaman bagi masyarakat selama proses pemilu, pilkada, dan pileg berlangsung. Kami siap untuk berkoordinasi dengan pihak terkait, seperti KPU dan Bawaslu, untuk memastikan proses ini berjalan dengan baik,” ujar Letkol Inf Alzaki, menambahkan.

Seluruh anggota Babinsa Koramil jajaran Kodim 1311 mendengarkan sosialisasi KPU dan Bawaslu Kabupaten Morowali. Foto: Istimewa

Salah satu upaya konkret yang dilakukan oleh Kodim 1311/Morowali adalah mengundang KPU dan Bawaslu Kabupaten Morowali untuk memberikan sosialisasi kepada seluruh anggota Babinsa Koramil jajaran Kodim 1311 tentang tahapan-tahapan penting dalam pemilu, pilkada, dan pileg. Hal ini diharapkan dapat meningkatkan pemahaman masyarakat tentang proses demokrasi dan hak suara mereka.

Ruslan, perwakilan KPU Kabupaten Morowali, menyampaikan bahwa kerja sama yang baik antara TNI, KPU, dan Bawaslu adalah kunci untuk mensukseskan pemilu, pilkada, dan pileg.

Dandim 1311/Morowali, Letkol Inf Alzaki MM MBA MMAS foto bersama Ketua KPU & Ketua Bawaslu Kabupaten Morowali. Foto: Istimewa

“Kami bekerja sama dalam menjaga integritas proses ini, dan TNI telah membantu dalam pengamanan serta pendidikan politik kepada masyarakat,” katanya.

Dalam menjalankan peran mereka, TNI juga mengacu pada hukum yang mengatur netralitas dan keterlibatan TNI dalam aktivitas politik. Hal ini penting untuk memastikan bahwa TNI tetap menjadi institusi yang dapat dipercaya oleh semua pihak dalam proses politik. Pemilu, pilkada, dan pileg adalah tonggak penting dalam proses demokrasi di Indonesia, dan peran TNI dalam mensukseskannya merupakan contoh nyata dari keterlibatan positif angkatan bersenjata dalam pembangunan bangsa. (*)

RELATED ARTICLES

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Most Popular

Recent Comments