Friday, February 23, 2024
No menu items!
spot_img
HomeInternasionalIni Penjelasan Padre Marco tentang Pintu Suci

Ini Penjelasan Padre Marco tentang Pintu Suci

Vatikan, benang.id – Pemimpin tertinggi Gereja Katolik se-Dunia Paus Fransiskus akan membuka secara resmi Tahun Yubileum 2025 di Vatikan dengan membuka Holy Door (Pintu Suci) pada hari Selasa, 24 Desember 2024. Baca di situs Yubileum https://www.iubilaeum2025.va/en.html

Apa itu Holy Door (Pintu Suci)? Pastor Markus Solo Kewuta SVD dari Dikasteri Dialog Antarumat Beragama Vatikan lewat pesan WhatsApp-nya yang diterima di Jakarta, Jumat (26/1/2024) menjelaskan bahwa Pintu Suci adalah pintu basilika yang bertembok dan hanya boleh dibuka pada hari Yobel.

Ia mengungkapkan bahwa Pintu suci pertama yang diciptakan dalam sejarah agama Kristen adalah Basilika Santa Maria di Collemaggio di L’Aquila, Italia tengah. Gereja ini didirikan pada tahun 1288 dan menjadi tempat di mana dinobatkan Paus Celestine V sebagai paus pada tanggal 29 Agustus 1294, dan dianggap sebagai ekspresi maksimal arsitektur Abruzzo, serta simbol kota, dan dinyatakan sebagai monumen nasional pada tahun 1902.

Pastor Markus Solo Kewuta SVD dari Dikasteri Dialog Antarumat Beragama Vatikan. Foto: dok.Padre Marco

 

“Empat basilika utama Roma memiliki pintu suci. Yakni, Basilika Santo Petrus di Vatikan, karya pematung Vico Consorti, dibuat di Florence oleh Ferdinando Marinelli, Basilika St Paulus luar Tembok, karya pematung Antonio Maraini, Basilika St Yohanes Lateran, karya pematung Floriano Bodini, dan Basilika Santa Maria Maggiore, karya pematung Bolognese Luigi Enzo Mattei,” beber Padre Marco, sapaan akrab satu-satunya pejabat Takhta Suci Vatikan asal Indonesia ini.

Ia pun menguraikan, berbagai gereja yang secara tradisional menjadi tujuan ziarah juga memiliki Pintu Suci yang disahkan oleh Paus sehingga memungkinkan untuk menerima indulgensi penuh. Misalnya, Katedral Santiago de Compostela atau Basilika Santa Maria di Collemaggio di L’Aquila, Basilika Santa Maria Assunta di Atri dan Katedral Notre-Dame de Québe.

Di India, Pintu Suci di Katedral Hati Kudus, di New Delhi, dibuka pertama kali pada tanggal 12 Desember 2015 bertepatan dengan dimulainya Yubileum Kerahiman.

“Juga pada kesempatan Yubileum Luar biasa bertemakan Kerahiman tahun 2015 sampai 2016, Paus Fransiskus mengizinkan pembukaan Pintu Suci juga di katedral-katedral lain,” sambung Padre Marco.

Pastor Markus Solo Kewuta SVD dari Dikasteri Dialog Antarumat Beragama Vatikan. Foto: dok.Padre Marco

Pintu suci, lanjut Padre Marco, adalah gambaran Kristus, tempat transit menuju kebaikan (Yohanes 10, 9; 10, 1; Matius 16, 19). Pintu Yobel adalah Kristus sendiri yang memperkenalkan kita ke kota surgawi, yang mengampuni dosa dan mengampuni hukuman. Dalam Perjanjian Lama kitab Yehezkiel (46, 1-3) disebutkan bahwa pintu adalah tempat yang dilalui manusia untuk bertemu dengan Tuhan.

Menurut Padre Marco, Ritual Yobel yang paling terkenal adalah pembukaan pintu. Ritus Pintu Suci secara simbolis mengungkapkan konsep bahwa selama Yobel, umat beriman ditawari “jalan luar biasa” menuju keselamatan.

Pembukaan resmi Tahun Yobel, jelas Padre Marco, terjadi dengan dibukanya Pintu Suci Basilika Santo Petrus. Pintu Suci basilika lainnya dibuka pada hari-hari berikutnya. Di masa lalu, sebagian pintu suci itu yakni lapisan tembok semen dibongkar sebelum perayaan, meninggalkan diafragma yang dipatahkan Paus dengan palu; kemudian para pekerja menyelesaikan pembongkaran.

Pastor Markus Solo Kewuta SVD dari Dikasteri Dialog Antarumat Beragama Vatikan. Foto: dok.Padre Marco

Akan tetapi, sambung Padre Marco, pada kesempatan Yobel tahun 2000, Paus Yohanes Paulus II memperkenalkan ritus yang lebih sederhana dan lebih cepat (juga karena, ketika pada tahun Yobel tahun 1975 Paus Paulus VI memecahkan sisa diafragma tembok, ia terserempet oleh puing-puing berat yang jatuh ke tanah, tidak jauh dari dirinya).

“Setelah peristiwa di atas, tembok semen tersebut kemudian dibongkar terlebih dahulu, hanya menyisakan pintu tertutup yang dibuka oleh Paus dengan mendorong pintu tersebut. Pintu Suci tetap terbuka (selain penutupan normal pada malam hari) hingga akhir Tahun Suci (satu tahun penuh) kemudian ditutup kembali dengan lapisan tembok semen,” tutup Padre Marco.

Untuk keperluan mengurus tiket-tiket masuk dan perolehan informasi-informasi penting, silakan mengontak tim penyelenggara dengan mengisi formulir pada website resmi Yubileum 2025 berikut: https://www.iubilaeum2025.va/en/contatti.html (*)

RELATED ARTICLES

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Most Popular

Recent Comments