Saturday, December 3, 2022
No menu items!
spot_img
HomeGaya HidupIni Pentingnya Gunakan Basic Skincare Setiap Hari

Ini Pentingnya Gunakan Basic Skincare Setiap Hari

Jakarta, benang.id – Pernah punya kerabat atau teman yang merasa tidak butuh skincare? Atau justrukamu yang sedang membaca artikel ini merasa tidak membutuhkannya? Faktanya, setiap orang setidaknya membutuhkan basic skincare yang wajib dipenuhi untuk menjaga kesehatan kulit.

Menurut penelitian, produksi kolagen dalam wajah dapat menurun hingga 68% pada usia 80. Kolagen adalah protein perekat yang terdapat dalam tulang dan tulang rawan. Penurunan kolagen ini akan memengaruhi kualitas kulit, mulai dari munculnya garis penuaan, hiperpigmentasi, kusam, kering, hingga hilangnya elastisitas kulit. Hal ini dapat dibantu dengan penggunaan basic skincare yang tepat. Apa saja bagian dari basic skincare? Berikut ini penjelasannya:

Face Cleanser

Pentingnya skincare
Face cleanser tipe gel yang minim busa. Foto: benang.id/Adelaide Wreta Gina

Skincare yang satu ini pastinya wajib kalian punya untuk membersihkan debu dan sisa-sisa kotoran di wajah layaknya memandikan tubuh. Body cleanser tidak dapat dijadikan sabun untuk wajah sekaligus karena keduanya memiliki pH (tingkat asam-basa) yang berbeda. Jika cleanser yang digunakan tidak disesuaikan dengan pH wajah, akan menimbulkan kerusakan pada kulit. Carilah face cleanser yang gentle dengan pH yang mendekati kulit wajah, yaitu pH 4,5 – 6.

Moisturizer

Pentingnya skincare
Tekstur moisturizer dengan tipe gel cream. Foto: benang.id/Adelaide Wreta Gina

Produk ke-2 yang wajib kalian miliki sehari-hari untuk menjaga kesehatan kulit adalah moisturizer atau pelembab. Setiap jenis kulit memerlukannya, baik yang berkulit kering, kombinasi, maupun berminyak. Moisturizer berfungsi untuk menjaga keseimbangan kelembaban kulit. Untuk dry skin type, kekurangan kelembaban akan membuat wajah  terasa kering, ketarik, dan mengelupas. Namun, untuk oily skin type, kekurangan kelembaban akan membuat kulit memproduksi minyak semakin banyak. Sementara itu, pemilik combination skin type akan merasakan keduanya.

Oleh karena itu, pilihlah pelembab yang sesuai dengan jenis kulit masing-masing. Pemilik kulit kering bisa mencari pelembab dengan tekstur cream yang cukup tebal, pemilik kulit berminyak dapat menggunakan pelembab dengan tekstur gel yang ringan, sedangkan pemilik kulit kombinasi dapat memilih di antara keduanya.

Sunscreen

Pentingnya skincare
Sunscreen dengan jenis stick. Foto: benang.id/Adelaide Wreta Gina

Terakhir dan yang terpenting adalah sunscreen. Mungkin kamu akan berpikir sunscreen hanya dibutuhkan ketika berenang. Faktanya, sunscreen perlu digunakan tiap hari dalam keadaan apapun dan cuaca apapun.

Sinar ultraviolet yang dihasilkan matahari memiliki pengaruh besar terhadap kerusakan kulit, seperti garis penuaan, flek hitam, kulit terbakar, hingga kanker kulit. Oleh karena itu, sunscreen menjadi komponen yang wajib dalam sebuah skincare routine.

Yang menjadi masalah, banyak orang tidak menggunakan sunscreen sesuai takaran yang diharuskan. Menurut penelitian, sunscreen dianggap memberi proteksi yang maksimal ketika penggunaannya mencapai 2 mg/cm2 atau setara dengan 2 jari. (GK)

Sumber:

Rodan, K., Fields, K., Majewski, G., & Falla, T. (2016). Skincare Bootcamp: The Evolving Role of Skincare. Plastic and reconstructive surgery. Global open, 4(12 Suppl Anatomy and Safety in Cosmetic Medicine: Cosmetic Bootcamp), e1152.      https://doi.org/10.1097/GOX.0000000000001152

Slevin, Terry. (Ed.). (2014). Sun, Skin and Health. CSIRO PUBLISHING.

RELATED ARTICLES

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Most Popular

Recent Comments