Tuesday, September 27, 2022
No menu items!
spot_img
HomeNasionalKunjungan ke Jambi, Wapres Dorong Pemberdayaan Pesantren

Kunjungan ke Jambi, Wapres Dorong Pemberdayaan Pesantren

Jambi, benang.id – Wakil Presiden (Wapres) KH Ma’ruf Amin mendorong pemberdayaan pesantren agar dapat menciptakan generasi yang unggul di masa mendatang.

“Saya harapkan pesantren untuk menjadi generasi yang unggul ke depan dan Indonesia menjadi negara yang kuat dan hebat,” kata Wapres saat bersilaturahmi dengan para pengurus Pondok Pesantren Al-Jauharen Jambi, Tanjung Johor Kota Jambi, Rabu (15/6/2022).

Di Penpes tersebut, KH Ma’ruf Amin –seperti dilansir wapresri.go.id — juga berkesempatan menyapa para santri.

Menurut Wapres, salah satu upaya dalam mewujudkan generasi unggul dilakukan melalui kesepakatan nasional yang dipegang oleh masyarakat.

“Karena itu, saya sering mengatakan bahwa orang muslim di Indonesia harus menjadi muslim kaffah, dia utuh tapi ada kesepakatan-kesepakatan nasional yaitu dalam Negara Kesatuan Republik Indonesia,” ujarmya.

Wapres mengharapkan pesantren dapat menjadi wadah pemberdayaan masyarakat untuk meneruskan perjuangan ulama dan menjadi tempat berkumpulnya orang-orang yang memahami ilmu agama.

“Saya berharap pesantren ini menjadi tempat untuk menyiapkan orang yang paham agama,” tutur Wapres.

“Karena nanti untuk meneruskan perjuangan para ulama,” tambahnya.

Wapres juga menekankan pentingnya pengembangan program santripreneur, usaha yang dilakukan oleh para santri sebagai upaya dalam rangka memakmurkan bumi.

“Kita harus mengembangkan santripreneur, semangat berusaha,” ujar Wapres.

“Karena Allah sendiri mengatakan Allah yang menjadikan kamu dari bumi dan kamu diminta untuk memakmurkan bumi,” imbuhnya.

Lebih lanjut, Wapres menyebutkan, selain menjadi tempat menimba ilmu agama, pesantren harus dapat menjadi wadah pemberdayaan ekonomi masyarakat serta menjadi fasilitator dalam pembangunan masyarakat di bidang pertanian dan wirausaha.

“Maka, kita harus membangun manusia-manusia yang selain memahami agama, dia juga mengerti bagaimana membangun pertanian, membangun usaha. Pesantren harus menjadi pusat pemberdayaan ekonomi masyarakat,” terang Wapres.

Menutup sambutannya, Wapres mengungkapkan sukacitanya dapat mengunjungi Pondok Pesantren Al-Jauharen Jambi dan dapat bersilaturahmi dengan pengurus dan santri pondok pesantren yang masih memiliki silsilah keluarga dengan leluhur Wapres yaitu Syekh Nawawi Al Bantani di Banten.

“Terima kasih saya bisa ber-silaturrahim, baru kali ini saya bertemu dari satu darah, satu keturunan, satu nasab, tapi memang kita dipisahkan jauh, saya baru hari ini bisa berkunjung di sini mudah-mudahan barokah,” pungkasnya.

Pada kesempatan ini turut hadir Pimpinan Pondok Pesantren Al-Jauharen Jambi Ustaz Alwi H. Mahfudz yang didampingi para pengurus pesantren dan tampak para santri yang antusias menyambut kehadiran Wapres.

Turut mendampingi Wapres, Kepala Sekretariat Wapres Ahmad Erani Yustika, Staf Khusus Wapres Masykuri Abdillah, Robikin Emhas, dan Lukmanul Hakim, Tim Ahli Wapres Farhat Brachma dan Johan Tedja Surya, serta Kepala BAZNAS Noor Achmad.  

RELATED ARTICLES

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Most Popular

Recent Comments