Friday, July 1, 2022
No menu items!
spot_img
HomeNasionalLP3KN Gelar Rakernas Menuju Pesparani II Kupang 2022

LP3KN Gelar Rakernas Menuju Pesparani II Kupang 2022

Jakarta, benang.id – Pesta Paduan Suara Gerejani (Pesparani) Nasional II di Nusa Tenggara Timur (NTT) yang seyogianya dilaksanakan pada tahun 2020 telah tertunda karena pandemi Covid-19. Demikian pula pada 2021, karena tidak memungkinkan maka diundur untuk kedua kalinya.

Pesparani adalah suatu aktivitas seni budaya masyarakat Katolik dalam bentuk pagelaran dan lomba musik liturgi dengan tujuan mengembangkan pemahaman, penghayatan dan pengamalan masyarakat Katolik terhadap ibadah/liturgi gerejani.

Untuk mempersiapkan Pesparani II di Kupang Oktober tahun 2022 ini, LP3KN (Lembaga Pembinaan dan Pengembangan Pesparani Katolik Nasional ) beserta 34 Ketua LP3KD dan Penbimas se Indonesia akan mengadakan Rapat Kerja Nasional (Rakernas) yang akan dilaksanakaan di Pusat Pastoral KAJ, Samadi, Klender pada 13-15 Mei 2022.

Rakernas –demikian keterangan resmi LP3KN di Jakarta, Rabu (11/5/2022)– mengambil thema “Sukseskan Pesparani Tingkat Nasional II di NTT, Perkuat Toleransi dan Moderasi Beragama Menuju Indonesia Bermartabat”. 

Selain memastikan kesiapan panitia dan LP3KD dari 34 Provinsi se-Indonesia, juga akan diadakan Soft Lauching Pesparani II serta pemantapan nilai-nilai strategis kontribusi umat Katolik bagi bangsa dan Negara, untuk menuju Indonesia yang berkemakmuran 2045.

Pelaksanaan Pesparani II di Kupang yang selalu diadakan saat memperingati Sumpah Pemuda di bulan Oktober ini,   merupakan kegiatan dimana suara-suara Ke-Bhinneka-an dalam memperkokoh Persatuan dan Kesatuan Bangsa serta merajut perdamaian dan persaudaraan anak-anak Bangsa disuarakan melalui forum budaya. Sebagai bangsa dengan filosofi kekeluargaan, diharapkan berbagai aktivitas ini akan menjadi spirit toleransi, jadi nilai-nilai keagamaan dan pengembangan seni budaya keagamaan dikedepankan sebagai kontribusi bagi pemantapan jati diri bangsa.

Misa Pembukaan Rakernas akan dipimpin oleh Mgr Antonius Subianto OSC, Sekjen KWI, yang dilanjutkan pembukaan Rakernas oleh Menteri Agama RI, Yaqut Cholil Qoumas.

Menteri Agama menyambut baik pelaksanaan Rakernas dan Pesparani II di Kupang sebagai salah satu upaya untuk memperkuat toleransi dan moderasi beragama, bukan saja untuk warga NTT, tetapi untuk semua provinsi yang hadir pada Pesparani II.

Mengingat pentingnya dukungan strategis dan berkesinambungan dari pemerintah dalam pelaksanaan Pesparani II , maka selain Menteri Agama RI, Rakernas juga akan menghadirkan beberapa menteri sebagai nara sumber untuk menyampaikan berbagai program pemerintah kepada perwakilan LP3KD dari 34 provinsi.

Adapun menteri yang akan hadir adalah Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto, Menteri Dalam Negeri Tito Karnavian, Menteri BUMN Eric Thohir, dan Menteri Komunikasi dan Informatika Johnny G Plate.  

RELATED ARTICLES

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Most Popular

Recent Comments