Wednesday, November 30, 2022
No menu items!
spot_img
HomeIptekMa’ruf Amin: Digital Mindset Penting demi Kemajuan Bangsa

Ma’ruf Amin: Digital Mindset Penting demi Kemajuan Bangsa

Jakarta, benang.id – Sebagai upaya memajukan bangsa, Pemerintah Indonesia terus mengakselerasi transformasi digital untuk menunjang inovasi. Namun, dalam pelaksanaannya bukanlah hal yang mudah karena dibutuhkan masa transisi untuk penyesuaian, sementara perubahan transformasi berlangsung sangat cepat dan konstan. Untuk itu, digital mindset perlu ditanamkan kepada masyarakat, demi mewujudkan kemajuan tersebut.

“Masyarakat harus memiliki digital mindset untuk mempelajari keahlian baru di bidang teknologi, dan memanfaatkannya demi menciptakan kemajuan,” tegas Wakil Presiden (Wapres) KH Ma’ruf Amin ketika menghadiri secara virtual Merdeka Award Tahun 2022, Kamis (30/6/2022), seperti dilansir wapresri.go.id.

Dalam acara yang diselenggarakan dengan tema Merdeka Award 10 Tahun Mencerahkan ini Wapres mengingatkan, hanya mengandalkan teknologi saja tidak cukup karena teknologi terus maju dan berkembang. Meskipun teknologi paling mutakhir, akan cepat usang dalam waktu singkat.

“Oleh karena itu, kita membutuhkan strategi untuk menumbuhkan digital mindset dan budaya belajar yang tak kenal lelah,” imbaunya.

Lebih jauh, Wapres mengungkapkan, adanya penelitian yang menunjukkan digital mindset memiliki dampak positif bagi karir seorang individu yang mampu membuka peluang keberhasilan.

“Dengan digital mindset, masyarakat dapat memahami perkembangan teknologi informasi dan membuka jalan keberhasilan, serta kemajuan bagi organisasi maupun bisnis,” ucapnya.

Mewakili pemerintah, Wapres pun memberikan apresiasi kepada anak bangsa yang telah menghasilkan karya yang membangun dan memiliki manfaat untuk Indonesia di masa mendatang.

“Pemerintah sangat mengapresiasi kerja dan karya seluruh anak bangsa dalam rangka menjawab berbagai tantangan, maupun dalam mempersiapkan masa depan Indonesia yang gemilang,” terang Wapres.

Mengakhiri sambutannya, Wapres berharap Merdeka Award 2022 dapat menjadi ajang yang memberikan inspirasi masyarakat dan mendorong adanya inovasi dari berbagai bidang.

“Saya juga berharap, para pemenang penghargaan dapat menjadi inspirasi bagi semua pihak untuk terus mendorong munculnya inovasi yang menghasilkan nilai tambah di segala bidang, agar kita mampu keluar dari krisis, bahkan menjadi negara yang lebih kuat,” harap Wapres.

“Selamat kepada seluruh penerima penghargaan. Semoga semakin banyak inspirator dan inovator yang lahir lewat program ini,” pungkas Wapres.

Sebelumnya, Managing Director EMTEK Group Sutanto Hartono yang hadir secara virtual menyampaikan harapannya agar penyelenggaraan Merdeka Award dapat menjadi inspirasi bagi masyarakat, khususnya dalam memberikan kesejahteraan serta kemajuan untuk bangsa Indonesia.

“Kami harapkan acara ini dapat membuka mata masyarakat terhadap besarnya dampak yang dapat dilakukan suatu organisasi maupun per orangan terhadap kesejahteraan dan kemajuan rakyat Indonesia. Semoga Merdeka Award ini dapat menginspirasi orang lain, organisasi, lembaga pemerintah, bahkan pemerintah daerah untuk dapat melakukan hal yang sama atau bahkan lebih,” tutur Sutanto.

Adapun terdapat lima kategori yang diberikan pada acara Merdeka Award Tahun 2022 kali ini. Pertama, Kategori Penghargaan Sosok Inspiratif Indonesia, yaitu Bidang Pendidikan, Daniel Alexander; Bidang Kesehatan, dr Omat Rachmat; Bidang Gerakan Sosial Kemasyarakatan, Maria Yeti Asri Saputri; Penjaga Lingkungan Hidup, Mpu Uteun; Penggerak Bidang Perempuan, Nisa Saadah Wargadipura; serta Difabel Inspiratif, Siti Masitoh.

Penghargaan kedua, untuk Kategori Program Inovatif Untuk Negeri diberikan kepada Mahkamah Agung, Provinsi Kepulauan Riau, PT Bank Rakyat Indonesia (Persero), Kementerian Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi, Pemerintah Kota Semarang, serta PT Bank Tabungan Negara (Persero).

Kemudian, penghargaan Kategori Program Kreatif Pariwisata diberikan kepada Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta, Kabupaten Buleleng, Pemerintah Kota Medan, Kabupaten Manggarai, Kabupaten Bandung, dan Kabupaten Banyuwangi.

Sementara itu, penghargaan keempat, Kategori Inovasi Digital diberikan kepada Pemerintah Kota Pasuruan, Kredit BRIguna, PT Telkom Indonesia (Persero), Pemerintah Kota Malang, Pemerintah Kota Cirebon, serta Pemerintah Kota Banda Aceh.

Selanjutnya, penghargaan terakhir yaitu Kategori Program Pemberdayaan UMKM diberikan kepada PT Permodalan Nasional Madani, Provinsi Jawa Barat, Bukalapak, Provinsi Jawa Tengah, PT Bank Negara Indonesia (Persero), serta Provinsi Sulawesi Selatan.

Turut hadir pada kesempatan tersebut Menteri Koperasi dan Usaha Kecil Menengah Teten Masduki, Plt. Deputi Bidang Koordinasi Peningkatan Kementerian Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan Aris Darmansyah Edisaputra, Direktur Jenderal Aplikasi Informatika (Aptika) Kementerian Komunikasi dan Informatika Semuel Abrijani Pangerapan, dan Pemimpin Redaksi Merdeka.com Ramadian Fadillah.

Sementara Wapres didampingi oleh Kepala Sekretariat Wapres Ahmad Erani Yustika, Staf Khusus Wapres Masykuri Abdillah dan Mohamad Nasir, serta Tim Ahli Wapres Farhat Brachma. 

RELATED ARTICLES

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Most Popular

Recent Comments