Saturday, December 3, 2022
No menu items!
spot_img
HomeEkonomiPeduli Ketahanan Pangan, FTB UAJY Jalin Kerja Sama dengan KPTT Salatiga

Peduli Ketahanan Pangan, FTB UAJY Jalin Kerja Sama dengan KPTT Salatiga

Salatiga, benang.id – Fakultas Teknobiologi Universitas Atma Jaya Yogyakarta (FTB UAJY) bersama dengan Kursus Pertanian Taman Tani (KPTT) mengadakan penandatanganan perjanjian Kerja sama (MoU) pada Kamis (30/6/2022) di KPTT, Salatiga.

Penandatanganan MoU ini tentang program pengembangan di Bidang Akademik dan Penelitian dalam rangka Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM). MoU ditandatangani oleh Dekan FTB UAJY, Dr Dra Exsyupransia Mursyanti MSi dan Romo Fransiskus Asisi Sugiarta SJ. selaku Direktur Kursus Pertanian Taman Tani.

FTB UAJY
Penandatanganan MoU ditandatangani oleh Dekan FTB UAJY, Dr Dra Exsyupransia Mursyanti MSi dan Romo Fransiskus Asisi Sugiarta SJ. selaku Direktur Kursus Pertanian Taman Tani. Foto: UAJY/Istimewa

Dalam sambutannya, Dekan FTB berharap dengan diadakannya penandatanganan ini apa yang tertuang dalam naskah perjanjian dapat diimplementasikan bersama dengan baik dan mendukung pengembangan riset dan penelitian dari para akademisi

“Dengan adanya mahasiswa magang, mereka dapat menerapkan teorinya dan bisa bergabung dengan para praktisi di KPTT ini,” ungkap Mursyanti, dalam keterangan tertulisnya yang diterima di Jakarta, Selasa (5/7/2022).

Program Studi Biologi memiliki 3 konsentrasi studi yaitu Teknobioindustri, Teknobiolingkungan dan Teknobiopangan. Romo Fransisikus Asisi Sugiarta SJ. mengungkapkan ketertarikannya di konsentrasi Teknobiopangan. Salah satu persoalan yang disampaikannya adalah persoalan yang terjadi secara menyeluruh di dunia ini yaitu krisis pangan.

Dalam implementasi MoU juga diadakan Perjanjian Pelaksanaan Kerjasama yang ditandatangani Kaprodi Biologi Drs B Boy Rahardjo Sidharta MSc dengan Bruder Antonius Dieng Karnedi SJ. selaku staf Pengajar Kursus Pertanian Taman Tani Salatiga. Pada kesempatan itu juga diadakan pelatihan yang diikuti seluruh Dosen dan Tenaga Kependidikan dari FTB UAJY.

Pelatihan yang diikuti antara lain pembuatan media tanam dan pupuk cair, serta pelatihan dalam bidang makanan yaitu pembuatan Sei dan Serundeng. Pelatihan diisi dengan teori singkat kemudian dilanjutkan dengan praktik untuk mendorong peserta lebih aktif dan memahami teori yang disampaikan.

RELATED ARTICLES

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Most Popular

Recent Comments