Thursday, April 25, 2024
No menu items!
spot_img
HomeEkonomiPenjualan TRIS Kuartal I-2022 Tumbuh 26,7% YoY

Penjualan TRIS Kuartal I-2022 Tumbuh 26,7% YoY

Penjualan Ekspor TRIS Catat Kenaikan 58,7% YoY

Jakarta, benang.id  – Emiten integrated apparel provider yang bergerak di bidang tekstil dan garmen PT Trisula International Tbk (TRIS) berhasil mencatatkan penjualan Rp324,96 miliar atau naik sebesar 26,7% YoY pada Kuartal I-2022.

Pertumbuhan ini terutama dikontribusi oleh penjualan ekspor yang meningkat 58,7% YoY pada Kuartal I- 2022, sejalan dengan pulihnya perekonomian global dan permintaan pasar AS, Australia, dan New Zealand.

Direktur Utama TRIS Widjaya Djohan menjelaskan, seiring pemulihan pasar global, pihaknya bersyukur kinerja TRIS mulai meningkat dan pulih dari dampak pandemi Covid-19 yang dirasakan dalam dua tahun terakhir ini.

“Kami optimistis dengan perencanaan dan strategi bisnis 2022 yang telah ditetapkan, TRIS akan dapat melebihi target yang telah ditentukan sampai dengan H1-2022. Terbukti dari TRIS yang juga mencatatkan laba bersih sebesar Rp16,97 miliar atau naik 478,3% YoY pada Kuartal I-2022,” kata Widjaya Djohan, dalam rilisnya Jumat (3/6/2022).

Kinerja TRIS
Kartono Budiman (kiri)—Direktur TRIS, dan Widjaya Djohan– Direktur Utama TRIS (kanan). Foto: TRIS

Walaupun demikian, lanjut dia, TRIS tetap harus waspada terhadap inflasi dan ketidakpastian perekonomian dunia. “Kami juga cukup terdampak dari kenaikan harga freight dan terhambatnya logistik bahan baku akibat dari lockdown di China,” sambungnya.

Dia menambahkan, penjualan ekspor yang merupakan 69% dari total penjualan, didominasi oleh pasar AS, Australia, dan New Zealand. Pembukaan pembatasan sosial di negeranegara tersebut berperan besar terhadap kinerja Perseroan, dimana terdapat peningkatan permintaan yang cukup signifikan. TRIS mencatat peningkatan penjualan ke AS sebesar 69%, serta peningkatan penjualan ke Australia dan New Zealand sebesar 31% YoY pada Kuartal I-2022.

Lebih lanjut dijelaskan Widjaya Djohan, Penjualan segmen ritel TRIS meningkat 39,7% YoY pada Kuartal I-2022 sebagai dampak langsung dari pelonggaran pembatasan sosial di Indonesia, dimana masyarakat mulai berbelanja baik secara online maupun offline.

Kinerja TRIS
TRIS juga mencatatkan laba bersih sebesar Rp16,97 miliar atau naik 478,3% YoY pada Kuartal I-2022. Foto: TRIS

Dalam rangka memanfaatkan momentum pemulihan ekonomi ini, TRIS melalui Entitas Anaknya akan membuka titik-titik penjualan baru dalam upaya menjangkau pasar dan peningkatan kinerja penjualan. Walaupun kinerja segmen ritel mulai meningkat, namun total penjualan lokal tercatat menurun, hal ini terutama dikontribusi oleh penurunan segmen seragam sebesar 47,0% YoY pada Kuartal I-2022 dengan masih adanya penundaan proyek seragaman baik pada sektor swasta maupun pemerintahan.

Dengan mulai pulihnya perekonomian Indonesia dan pelonggaran pembatasan sosial dimana airlines, hospitality, dan lifestyle yang mulai normal pada tahun ini, maka diharapkan permintaan pengadaan seragam juga mulai membaik.

“Ke depan kami berkomitmen untuk terus mencari peluang dan menambah jaringan pasar lokal maupun global sehingga TRIS dapat meningkatkan kinerja dan bisnisnya secara berkesinambungan, dengan mengedepankan produk berkualitas, inovasi, efisiensi, serta kerpercayaan pelanggan,” pungkas Widjaya Djohan.  

RELATED ARTICLES

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Most Popular

Recent Comments