Tuesday, September 27, 2022
No menu items!
spot_img
HomeNasionalPeringati Hari Bumi, Mahasiswa UAJY Reresik Embung Sendangtirto

Peringati Hari Bumi, Mahasiswa UAJY Reresik Embung Sendangtirto

Yogyakarta, benang.id – Tim Pengabdian   Embung Sendangtirto Universitas Atma Jaya  Yogyakarta  (UAJY) menyelenggarakan kegiatan Reresik Embung di Embung Sendangtirto, Tampungan, Sendangtirto,   Kecamatan Berbah, Kabupaten Sleman, Yogyakarta, Minggu (24/4/2022).

Embung Sendangtirto berfungsi sebagai pengairan dan ruang publik dengan ikan badar dan nilem yang hidup di dalamnya. Terdapat juga pohon kelengkeng kristal di sekitar embung, sehingga  terdapat  tiga  kegiatan   utama  yang dilaksanakan  yaitu membersihkan embung, menyiram pohon dan memberi makan ikan.

Reresik embung
Embung Sendangtirto, Tampungan, Sendangtirto, Kecamatan Berbah, Kabupaten Sleman, Yogyakarta. Foto: UAJY

“Kegiatan ini merupakan implementasi Hari Bumi yang dilaksanakan pada 22 April 2022 dan menggandeng teman-teman UAJY untuk   bisa mencintai bumi dan dekat dengan masyarakat,” ujar Herda Wibowo, Koordinator Kegiatan Reresik Embung, dalam keterangan tertulis yang diterima di Jakarta, Kamis (28/4/2022).

Kegiatan Reresik Embung ini  diikuti oleh 33  mahasiswa Fakultas Hukum  (FH) dan Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (FISIP) dikarenakan kegiatan ini terfokus pada literasi hukum dan literasi komunikasi.

“Reresik Embung hanya melibatkan FH dan FISIP karena saya sendiri adalah Dosen FISIP dan Bu Sekar adalah Dosen FH. Kami melihat bagaimana antusiasme mahasiswa dan bagaimana reaksi warga, lalu setelah ini akan diadakan evaluasi apakah perlu atau tidak untuk dibuka umum,” jelas RA Vita NP A SPd MHum PhD, Ketua Kegiatan Reresik Embung.

Reresik embung
Kegiatan ini merupakan implementasi Hari Bumi 22 April 2022, agar mahasiswa untuk bisa mencintai bumi dan dekat dengan masyarakat. Foto: UAJY

Kresenta Equilibria, salah satu volunteer dari Fakultas Hukum  berharap  agar  kegiatan ini untuk dilakukan kembali dan juga dibuka untuk umum agar banyak mahasiswa UAJY yang terlibat dalam kegiatan yang positif ini.

“Kegiatan ini positif karena jarang ditemukan.  Apalagi setelah pandemi belum pernah melakukan kegiatan bersama dengan teman-teman UAJY,” ujarnya.

Sekhar  Chandra Pawana SH MH, Wakil  Ketua  Reresik  Embung, mengapresiasi kegiatan ini karena mahasiswa UAJY peduli dengan masyarakat.

Sekhar memberikan pesan kepada mahasiswa yang sudah menda;ar sebagai volunteer agar bisa lebih berkomitmen dalam menjalankan kegiatan.

Reresik embung
Kegiatan Reresik Embung ini diikuti oleh 33 mahasiswa Fakultas Hukum (FH) dan Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (FISIP). Foto: UAJY

Vita juga berharap dengan adanya kegiatan   ini mahasiswa bisa mengunjungi, memanfaatkan, serta memperkenalkan Embung Sendangtirto kepada khalayak luas dan juga ikut sadar dalam menjaga kebersihan lingkungan.

Selain itu, Ia berharap juga supaya warga bisa terlibat dan berdinamika dengan teman-teman UAJY.

“Kegiatan ini merupakan program kedua dan   masih banyak program lainnya. Reresik Embung ini memang permintaan Pak Lurah   karena sampah  tidak akan  pernah habis. Sehingga besok akan membuka open  recruitment  dan mungkin terbuka untuk   fakultas lainnya,” tambah Vita.

RELATED ARTICLES

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Most Popular

Recent Comments