Friday, October 7, 2022
No menu items!
spot_img
HomeNasionalPHBS Senjata Utama Hadapi Berbagai Penyakit Termasuk Covid-19

PHBS Senjata Utama Hadapi Berbagai Penyakit Termasuk Covid-19

Jakarta, benang.id – Perilaku hidup bersih dan sehat (PHBS) bisa menjadi senjata utama pencegah terinfeksinya kita dari berbagai penyakit termasuk  Covid-19 yang saat ini masih bisa terjadi.

“Yuk kita kembali menjadikan PHBS ini menjadi bagian hidup dan menyatu dengan aktivitas kita sehari-hari. Jangan hanya sekadar jargon,”ujar dokter Erlina Burhan dalam sesi Talkshow yang diselenggarakan Satgas Covid-19 di Jakarta, Senin (19/9/2022).

Erlina menyebutkan, Badan Kesehatan Dunia WHO memang menyatakan bahwa pandemi Covid-19 akan segera berakhir. Secara tren kasus infeksi Covid-19 di Indonesia memang cenderung menurun, demikian juga angka kematian kira-kira 20 orang per hari.

“Namun, kita harus mengupayakan agar kasus kematian ini bisa flat atau malah menurun terus. Dan cakupan vaksinasinya tinggi,” ujar Erlina.

Beruntung, bahwa Indonesia termasuk yang terbaik pengendalian Covid-19 dibanding negera-negara lain termasuk Eropa.

Karena itu, Ketua Satgas Covid-19 Pengurus Besar Ikatan Dokter Indonesia ini menegaskan, berbagai penyakit menular termasuk Covid-19 sebenarnya mudah dicegah, yakni dengan disiplin menggunakan masker selain menjalankan perilaku hidup bersih dan sehat.

PHBS, menurut Erlina dijalankan dengan menghindari rokok karena rokok membuat saluran pernapasan atas melemah dan mudah terserang penyakit. Kebiasaan lain antara lain istirahat yang cukup sekitar 6-8 jam sehari, konsumsi nutrisi yang seimbang antara karbohidrat-protein-mineral dan vitamin, mengelola stres, dan rutin berolahraga.

“Penting juga agar Anda tidak bergadang serta mengonsumsi sayur dan buah yang lebih banyak,”ujar Erlina

Senada dengan dokter Erlina, Panel Ahli Satgas Penangangan Covid-19 BNPB Dokter Budiman Bela mengajak agar masyarakat terus-menerus menjaga diri dan tidak lengah. “Jangan lupa protokol kesehatan agar tetap diterapkan sebaik mungkin,”ujar Budiman.

Budiman juga menyarankan masyarakat agar masyarakat tidak memforsir diri dalam bekerja supaya tidak mudah sakit. Menurutnya, reaksi inflamasi (peradangan) bisa terjadi ketika infeksi Covid-19 ini menyerang saat kondisi tubuh kita lemah. Reaksi ini bisa memparah sakit.

Karena itu, menjaga diri dengan menjalankan perilaku hidup bersih dan sehat menjadi hal yang sangat penting. “Dan yang penting vaksinasi juga harus dilengkapi sesuai saran pemerintah,”tegas Budiman. (*)

RELATED ARTICLES

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Most Popular

Recent Comments