Wednesday, February 21, 2024
No menu items!
spot_img
HomeEkonomiPotensi Energi Hijau Melimpah, PGE Jajaki Kerja Sama dengan Perusahaan Jepang

Potensi Energi Hijau Melimpah, PGE Jajaki Kerja Sama dengan Perusahaan Jepang

Jakarta, benang.id  — Langkah bisnis berkelanjutan terus dilakukan oleh PT Pertamina Geothermal Energy Tbk (PGEO) atau PGE. Setelah mendapatkan respons positif dari investor asing usai penerbitan obligasi berwawasan hijau (green bond), kali ini pimpinan PGE melakukan penjajakan bisnis yang saling menguntungkan dengan sejumlah perusahaan di Jepang. 

Langkah bisnis ini ditandai dengan kehadiran manajemen PGE pada acara Indonesia-Japan Corporations Exclusive Business Matching Event yang digelar di Tokyo, Jepang, pada 22 Mei 2023.

Direktur Utama PT Pertamina Geothermal Energy Tbk. Ahmad Yuniarto menyampaikan bahwa kegiatan ini sangat strategis untuk membuka peluang kerjasama antara perusahaan Jepang dan Indonesia dalam menciptakan sinergi positif bagi kedua belah pihak.

“Tentunya kehadiran PGE pada forum Business Matching yang diadakan oleh otoritas Bursa Efek Indonesia (IDX) ini menjadi tanda bahwa usaha yang kami kembangkan memiliki potensi market besar di mata investor asing, khususnya negara-negara yang sudah sangat menaruh perhatian besar bagi pengembangkan energi bersih,” ujar Ahmad Yuniarto, dalam keterangan tulisnya.

Pertamina Geothermal Energy (PGEO)

Selanjutnya Ahmad menjelaskan bahwa energi panas bumi Indonesia saat ini memiliki potensi terbesar kedua di dunia, setelah Amerika Serikat. Panas bumi, kata dia, bisa menjadi sumber energi yang bersifat ramah lingkungan dan stabil yang dapat menjadi base load (beban dasar) sustainable di masa mendatang.

“PGE sebagai pemimpin di sektor panas bumi akan terus berupaya mengembangkan potensi panas bumi yang dimiliki Indonesia. Oleh karena itu, kolaborasi dengan sejumlah pihak sangat penting untuk dilakukan,” ujarnya.

Terkait fenomena terjadinya oversubscribe hingga 8,25 kali terhadap penawaran green bond PGE belum lama ini, menurut Ahmad, hal ini menjadi sinyal positif untuk dapat melibatkan lebih banyak pihak lagi. Dengan meningkatnya kesadaran global untuk memanfaatkan energi hijau, kata dia, PGE kini menjadi salah satu pelaku usaha strategis dari Indonesia. 

“Kehadiran kami di Jepang ini menjadi sangat penting untuk melihat sekaligus menjajaki pengembangan bisnis PGE ke depan dengan melibatkan para pelaku bisnis global yang sudah sangat aware terhadap energi hijau dan energi baru dan terbarukan (EBT) ini,” tuturnya.  (*) 

RELATED ARTICLES

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Most Popular

Recent Comments