Tuesday, September 27, 2022
No menu items!
spot_img
HomeGaya HidupSelain Enak, Teh Kunyit Ternyata Bermanfaat! Ini Resepnya

Selain Enak, Teh Kunyit Ternyata Bermanfaat! Ini Resepnya

Jakarta, benang.id – Tahukah Anda, banyak manfaat dari kunyit yang bisa kita dapatkan. Minuman teh kunyit yang oleh beberapa orang disebut sebagai “Emas Cair” ini dapat meningkatkan kesehatan tubuh Anda.

Semua bahan sederhana dalam resep teh kunyit ini dapat bekerja untuk mengurangi peradangan, membantu pencernaan, meningkatkan kesehatan jantung hingga memperkuat tulang Anda.

Menambahkan resep teh kunyit ini dalam list upaya menjaga kesehatan keseharian kita, tentunya dapat membantu memulihkan tubuh dan meningkatkan kesehatan. Karena minuman teh kunyit dapat meminimalkan peradangan yang merupakan akar dari sebagian besar penyakit.

Teh kunyit
Kunyit memiliki kandungan kurkumin yang bermanfaat banyak. Foto: benang.id/Lusiana

Resep teh kunyit terdiri dari santan, ghee, kayu manis, dan kunyit. Kandungan zat kurkumin yang ada di dalam kunyit inilah yang membuat  bumbu ini memiliki banyak manfaat di dalam makanan atau minuman.  Tidak hanya membantu melawan peradangan yang dapat menyebabkan nyeri kronis, radang sendi, penyakit degeneratif dan gangguan pencernaan, tetapi kurkumin juga meningkatkan kesehatan kulit Anda dan membantu detoksifikasi tubuh.

Teh kunyit
Kelapa parut untuk membuat santan. Foto: benang.id/Lusiana

Santan dan ghee, dua bahan utama lainnya di dalam teh kunyit ini adalah lemak alami yang juga membantu mengurangi peradangan dan bekerja untuk meningkatkan kesehatan jantung Anda dan bahkan membantu menurunkan berat badan.

Bahan ghee di sini rasanya seperti mentega dan ketika dicampur dengan santan, itu benar-benar menciptakan rasa teh yang lembut, kaya dan mengenyangkan. Dan untuk menambahkan sedikit rasa manis pada teh ini bisa ditambahkan madu yang merupakan salah satu pemanis alami terbaik karena mengandung vitamin dan mineral dan bahkan dapat meningkatkan kesehatan saluran pencernaan.

Teh kunyit
Kayu manis batangan dan bubuk. Foto: benang.id/Lusiana

Empat bahan teh kunyit yang sehat ini dapat memuaskan dan membantu mencegah peradangan dan memuaskan selera.

Berikut bahan resep teh kunyit:

1 sendok teh (Sdt) kunyit bubuk (bisa pakai yang segar)

1 sendok makan (Sdm) ghee

1 cangkir santan kelapa dari air matang (bisa pakai 2 Sdm coconut milk powder)

1 cangkir air matang

 ½ Sdm bubuk kayu manis (untuk kaya rasa bisa tambahkan juga cengkeh dan kapulaga)

Cara Membuatnya:

Campur air matang dan santan dalam panci lalu  tambahkan kunyit, ghee, kayu manis, dan hangatkan selama 2 menit sambil diaduk. Campuran teh kunyit ini akan menghasilakn 2 cangkir teh dan jika ingin sedikit manis tambahkan madu mentah atau gula kelapa (coconut sugar)

Hmm… rasa yang enak, mengenyangkan dan menyehatkan tentunya dapat dijadikan selingan acara ngeteh kita dan keluarga. Selamat mencoba. Salam sehat selalu.

RELATED ARTICLES

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Most Popular

Recent Comments