Monday, July 15, 2024
No menu items!
spot_img
HomeEkonomiTerpilih jadi Ketum ALFI, Akbar Djohan Siap Digitalisasikan Logistik di Indonesia

Terpilih jadi Ketum ALFI, Akbar Djohan Siap Digitalisasikan Logistik di Indonesia

Jakarta, benang.id – Sekretaris Jenderal (Sekjen) Asosiasi Logistik dan Forwarder Indonesia (ALFI) Akbar Djohan resmi menjadi Ketua Umum ALFI dalam Musyawarah Nasional ke VII.

Akbar yang juga pernah menjabat sebagai Dirut PT Krakatau Bandar Samudera (KBS) sebelum diangkat oleh Menteri BUMN Erick Thohir menjadi Direktur Komersial PT Kratakatau Steel Tbk (KRAS).

Akbar beterima kasih atas amanah yang diberikan kepadanya dan akan menjalankan sebaik-baiknya untuk dunia usaha logistik di Indonesia.

Sebagai ketua, Akbar akan menjalankan apa yang sudah ditugaskan kepadanya. Memimpin wadah bagi perusahaan nasional di bidang pengurusan transportasi dan logistik.

ALFI saat ini tercatat berada di 31 Provinsi dengan 4.000 anggota aktif yang bergerak di bidang Forwarder dan Ekspedisi.

“Terima kasih dengan amanah yang sudah diberikan kepada saya. Saya akan menjalankan tugas dengan sebaik-baiknya dan mengawal kegiatan logistik dan kepabeanan di Indonesia,” kata Akbar pada keterangannya di Jakarta, Rabu (13/12/2023).

Sekjen Asosiasi Logistik dan Forwarder Indonesia (ALFI) Akbar Djohan resmi menjadi Ketua Umum ALFI dalam Musyawarah Nasional ke VII. Foto: ALFI

Akbar memiliki beberapa program untuk ALFI. Di antaranya menyinergikan program logistik dengan digitalisasi.

“Terbitnya aplikasi-aplikasi dan juga software logistik sangat membantu kerja bidang logistik dan kepabean. Ini yang kita dorong ke depan untuk efisiensi,” kata Akbar.

Dengan digitalisasi tersebut Akbar Djohan juga mengatakan akan mempersempit ruang gerak dan akan meminimalisir kesempatan oknum-oknum untuk melakukan pungli di pelabuhan.

“Digitalisasi ini memang harus diterapkan agar kinerja bidang logistik bisa beradaptasi dengan perkembangan zaman dan bebas dari adanya pungli,” tukasnya.

Pada Munas itu hadir juga Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi dan Menteri Investasi/Kepala BPKM Bahlil Lahadalia.

Munas tersebut mengambil tema “Mengoptimalkan Peran ALFI/ILFA Guna Meningkatkan Kinerja Logistik dan Investasi Menuju Indonesia Emas 2045”, dengan subtema “Mewujudkan ‘ALFI/ILFA Incoporated” untuk Kemajuan Bisnis Perusahaan Anggota”.

Dalam sambutannya, Menhub mengingatkan soal pentingnya kolaborasi antar pelaku usaha dan stakeholders di bidang logistik. “Apa yang kita hadapi sekarang ini bagaimana memerankan ALFI selaku wadah pengusaha logistik sebagai lembaga yang lebih berwibawa. Di sisi lain, kita semua masih ingat bahwa indeks logistik kita masih belum baik dan lebih rendah dari negara-negara tetangga,” ujar Menhub Budi Karya Sumadi. (*)

RELATED ARTICLES

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Most Popular

Recent Comments