Friday, July 1, 2022
No menu items!
spot_img
HomeNasionalTim Abdimas FBE UAJY Kembangkan SDM dan Literasi di SDN Wilayah Kapanewon...

Tim Abdimas FBE UAJY Kembangkan SDM dan Literasi di SDN Wilayah Kapanewon Cangkringan

Sleman, benang.id – Tim Abdimas Fakultas Bisnis dan Ekonomika Universitas Atma Jaya Yogyakarta mengadakan kegiatan pengabdian kepada masyarakat di SDN Wilayah Kapanewon Cangkringan dengan tema “Pengembangan SDM dan Peningkatan Literasi”, Jumat, 27 Mei 2022 di SDN Bronggang Baru, Kapanewon Cangkringan, Kabupaten Sleman.

Peserta kegiatan ini berasal dari 17 SD Negeri di Kapanewon Cangkringan dengan masing-masing sekolah mengirimkan dua peserta. Dalam kegiatan tersebut 17 SD menjadi peserta yaitu:

Pengabdian masyarakat FBE UAJY
Peserta kegiatan ini berasal dari 17 SD Negeri di Kapanewon Cangkringan dengan masing-masing sekolah mengirimkan dua peserta. Sumber: FBE UAJY

Berdasarkan survei yang dilakukan oleh Program Evaluasi Mahasiswa Internasional menunjukkan bahwa Indonesia berada di peringkat 62 dari 70 negara dengan tingkat literasi yang rendah. Pembahasan tentang literasi manusia menjadi hal yang sangat penting dilakukan, utamanya pada jenjang sekolah dasar sebagai pondasi awal agen perubahan dunia pendidikan. Literasi tidak boleh sekadar membaca, menulis, dan berhitung. Memasuki abad 21, dunia pendidikan sangat perlu membangun dan mengoptimalkan implementasi new literacy/literasi baru, yang meliputi data, teknologi, dan manusia.

Menindaklanjuti kegiatan Kampus Mengajar Angkatan ke-2 yang merupakan salah satu program MBKM dari Kemdikbudristek yang diikuti oleh salah satu dosen dalam Tim Abdimas ini, maka dilanjutkan FGD antara tim dengan sekolah mitra dan terungkap bahwa terdapat kendala yang dihadapi oleh pihak sekolah dalam mengelola kegitan belajar mengajar serta administratif kaitannya dalam peningkatan kualitas pendidikan dasar khususnya di masa pandemi Covid -19 ini. Poin permasalahan yang banyak diutarakan oleh setiap narasumber erat kaitannya dengan sumber daya manusia dan kecakapan dalam penggunaan teknologi informasi.

“Pandemi memaksa semua kegiatan pembelajaran yang semula offline menjadi online. Tentu ini bukanlah hal yang mudah, terutama bagi siswa didik dalam melakukan pembelajaran. Oleh karena itu, FBE UAJY mengadakan pelatihan dan pendampingan pengembagan sumber daya manusia dan literasi dengan tujuan membantu Pendidikan Sekolah Dasar di SDN di Kapanewon Cangkringan dalam menguatkan kembali komitmen terhadap misi pendidikan dan membantu penyusunan peta jalan pengembangan pengelolaan sumber daya manusia,” jelas Agatha Mayasari SE MSc, dosen FBE UAJY, dalam keterangan tertulisnya yang diterima di Jakarta, Selasa (14/6/2022).

Pengabdian masyarakat FBE UAJY
Kegiatan dibagi menjadi dua sesi, masing-masing sesi diikuti oleh perwakilan dari 17 SDN se-Kapanewon Cangkringan. Foto: FBE UAJY

Kegiatan dibagi menjadi dua sesi, masing-masing sesi diikuti oleh perwakilan dari 17 SDN se-Kapanewon Cangkringan. Sesi 1 berisi tentang Sosialisasi Literasi Keuangan dan Literasi Pemanfaatan Media Pembelajaran Digital dengan narasumber Yohanes Mario Pratama SE MAcc, dan Aloysia Desy Pramusiwi SE MSc.

Selanjutnya, sesi 2 tentang Literasi Menulis di Media Massa dan Literasi Baca dengan narasumber Bartolomeus Galih Visnhu Pradana SE MSc CIIQA CRP, dan Agatha Mayasari SE MSc. Kegiatan Abdimas ini juga melibatkan tiga mahasiswa dari FBE UAJY yaitu Gitta Christine Nathania (Mahasiswi Prodi Akuntansi FBE UAJY Angkatan 2018), Michelle Latanza (Mahasiswi Prodi Manajemen FBE UAJY Angkatan 2018), dan Ivani Tantiyana (Mahasiswi Prodi Akunansi FBE UAJY Angkatan 2019).

Dalam pelaksanaannya, peserta berkomitmen untuk menumbuhkan semangat dan budaya literasi yang dimulai dari diri sendiri untuk ditularkan kepada peserta didiknya demi peningkatan kualitas pendidikan.

RELATED ARTICLES

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Most Popular

Recent Comments