Tuesday, September 27, 2022
No menu items!
spot_img
HomeNasionalTim Pengabdian Masyarakat UAJY Srawung Literasi di Embung Sendangtirto

Tim Pengabdian Masyarakat UAJY Srawung Literasi di Embung Sendangtirto

Sleman, benang.id – Tim Pengabdian Embung Sendangtirto Universitas Atma Jaya Yogyakarta (UAJY) melakukan kegiatan Srawung Literasi, Minggu (29/5/2022) di Balai Kelurahan Sendangtirto, Berbah, Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta.

Srawung Literasi ini merupakan kegiatan yang bertujuan untuk mengenalkan kesadaran hukum dan mempromosikan Embung Sendangtirto melalui media sosial yaitu Instagram.

Kegiatan ini diketuai oleh RA Vita NP Astuti PhD, dosen FISIP UAJY bersama Sekhar Chandra Pawana SH MH, dosen Fakultas Hukum UAJY. Tim dosen bekerjasama dengan 22 mahasiswa UAJY dari Fakultas Hukum dan FISIP. Kegiatan ini juga diikuti oleh 28 warga Kalurahan Sendangtirto dalam sebuah paguyuban karang taruna. 

Srawung Literasi
Tim dosen bekerjasama dengan 22 mahasiswa UAJY dari Fakultas Hukum dan FISIP dalam Srawung Literasi, Minggu (29/5/2022) di Balai Kelurahan Sendangtirto, Berbah, Sleman, DIY. Foto: Humas UAJY

Amir Junawan, Lurah Desa Sendangtirto dalam sambutannya mengungkapkan bahwa Embung Sendangtirto adalah milik warga dan harus dioptimalkan pengelolaan dan pemasarannya sebagai salah satu tujuan wisata.

“Para karang taruna adalah ujung tombak desa yang masih harus menguasai ranah hukum dalam pengelolaan embung. Selain itu mereka mempunyai kemampuan untuk belajar hal baru terutama di ranah digital dan media sosial,” ujarnya.

Amir mengungkapkan bahwa kegiatan ini bertujuan untuk mengenalkan Embung Sendangtirto melalui media sosial dan bisa menjadi destinasi yang dibanggakan bagi desa ini.

“Melalui kegiatan Srawung Literasi ini diharapkan bisa memberikan kesadaran hukum kepada masyarakat mengenai peraturan-peraturan yang berlaku dan tidak boleh dilanggar di embung, demi menjaga eksistensi embung sebagai kawasan wisata baru,” jelas Amir.

Ketua penyelenggara, RA Vita NP Astuti PhD menyampaikan bahwa potensi embung sebagai konservasi air dan desa wisata sangatlah banyak. “Jadi sayang kalau tidak dikelola dan dijaga dengan baik. Tim PPM UAJY bersama mahasiswa membantu para karang taruna untuk mengenali konten-konten hukum apa yang sesuai dengan embung dan bagaimana mengkampanyekan ke Instagram sebagai upaya mengkomunikasikan kepada massa yang potensial akan mengunjungi Embung Sendangtirto,” ujar Vita, dalam rilis humas UAJY yang diterima di Jakarta, Senin (30/5/2022).

Kegiatan Srawung Literasi diawali dengan pemaparan materi mengenai pelanggaran-pelanggaran yang terjadi di Embung, misalnya vandalisme, membuang sampah sembarang, memancing, kerusakan lingkungan dan lain sebagainya. Dengan penjelasan dari materi tentang literasi hukum, bisa menyadarkan masyarakat agar selalu menjaga kelestarian lingkungan di sekitaran Embung dengan baik. 

Srawung Literasi
Srawung Literasi ini merupakan kegiatan yang bertujuan untuk mengenalkan kesadaran hukum dan mempromosikan Embung Sendangtirto melalui media sosial yaitu Instagram. Foto: Humas UAJY/Istimewa

Selanjutnya diisi dengan pemaparan materi literasi komunikasi yang menjelaskan tentang manfaat dari teknologi. Instagram adalah salah satu media sosial yang banyak digunakan dan disukai oleh kalangan anak muda saat ini. Tujuan utamanya ialah untuk mengenalkan atau mempromosikan Embung Sendangtirto agar semakin dikenal oleh khalayak umum melalui Instagram serta dilatih aplikasi editing foto dan video untuk membuat postingan menjadi lebih menarik. 

Kegiatan selanjutnya adalah praktik yang dilakukan oleh 28 warga dan didampingi oleh mahasiswa FISIP dan FH yang membantu brainstorming konten hukum lalu mencoba membuat produk tayangan di Instagram. Konten yang paling populer adalah kampanye pengelolaan sampah dan larangan memancing.

Dari Kegiatan Srawung Literasi tersebut selanjutnya diadakan Lomba Konten “Jaga Embung Lewat Hukum” yang khusus diikuti oleh warga Sendangtirto.

Hasil karya dari setiap karang taruna ini akan diunggah dalam Instagram pribadi milik karang taruna Desa Sendangtirto. Dengan membuat vidio atau foto yang kreatif ini bisa turut membuat Embung semakin dikenal melalui Instagram. Pengumuman juara akan disampaikan di acara Pengabdian Reresik Embung, pada Rabu, 1 Juni 2022 di Embung Sendangtirto.

RELATED ARTICLES

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Most Popular

Recent Comments