Thursday, June 13, 2024
No menu items!
spot_img
HomeNasionalUAJY dan 2 Kampus Lainnya Jadi Host Pelatihan Kepemimpinan dan Bela Negara...

UAJY dan 2 Kampus Lainnya Jadi Host Pelatihan Kepemimpinan dan Bela Negara Mahasiswa DIY 2023

Yogyakarta, benang.id – Universitas Atma Jaya Yogyakarta (UAJY) menjadi salah satu host pada kegiatan Pelatihan Kepemimpinan dan Bela Negara untuk Mahasiswa Perguruan Tinggi di Wilayah Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY).

Selain UAJY, terdapat 3 kampus lain yang menjadi host pelatihan, yaitu Universitas Negeri Yogyakarta (UNY), Universitas Teknologi Digital Indonesia (UTDI), dan Universitas Janabadra.

Pelatihan dilaksanakan pada 26-27 Mei 2023 di Kompleks Akademi Angkatan Udara (AAU). Total peserta yang mengikuti kegiatan adalah 226 mahasiswa dari 60 perguruan tinggi DIY, di antaranya ada 57 Perguruan Tinggi Swasta (PTS) dan 3 Perguruan Tinggi Negeri (PTN). UAJY sendiri melibatkan 10 orang mahasiswa untuk mengikuti pelatihan ini.

Ada beragam latar belakang mahasiswa peserta pelatihan yang mengikuti kegiatan ini. Mahasiswa-mahasiswa tersebut berasal dari 27 daerah di berbagai provinsi wilayah Indonesia yang sedang melaksanakan studi di DIY.

Pelatihan dilaksanakan pada 26-27 Mei 2023 di Kompleks Akademi Angkatan Udara (AAU). Foto: Humas UAJY

Pelatihan diadakan oleh Forum Pimpinan Perguruan Tinggi Bidang Kemahasiswaan (Forpimawa) DIY. Forum ini beranggotakan oleh para Wakil Rektor dan Kepala Biro Kemahasiswaan se-DIY.

Pupung Arifin SSos MSi, selaku Ketua Panitia mewakili UAJY pada kegiatan ini mengungkapkan bahwa awal mula pelantikan pengurus Forpimawa DIY, telah disepakati beberapa agenda di antaranya penalaran, Program Kreativitas Mahasiswa (PKM), hingga kewirausahaan. UAJY mengambil bagian pada gugus tugas pelatihan dan kepemimpinan, sehingga menjadi pengerak kegiatan pelatihan ini.

Total peserta yang mengikuti kegiatan adalah 226 mahasiswa dari 60 perguruan tinggi DIY, di antaranya ada 57 Perguruan Tinggi Swasta (PTS) dan 3 Perguruan Tinggi Negeri (PTN). Foto: Humas UAJY

“Acara ini merupakan acara perdana dari Forpimawa DIY yang melibatkan mahasiswa. Sebelumnya, kegiatan-kegiatan Forpimawa DIY hanya diikuti oleh dosen dan tenaga pendidik,” ungkap Pupung.

Tiga materi utama pelatihan, yaitu kepemimpinan, bela negara, dan literasi digital, disampaikan dalam bentuk kegiatan pendalaman materi hingga outbound. Selain berfokus pada pelatihan mahasiswa, pengurus dan anggota Forpimawa DIY juga melaksanakan sarasehan bersama dengan Kepala Lembaga Layanan Pendidikan Tinggi (LLDIKTI) Wilayah V Yogyakarta.

“Harapannya kegiatan ini menjadi ajang pertemuan mahasiswa di Yogyakarta untuk saling meningkatkan silahturahmi, relasi, keakraban, dan kerja sama antar mahasiswa. Semoga kegiatan ini dapat menjadi tonggak pertemuan antar perguruan tinggi,” ujar Pupung. (*)

RELATED ARTICLES

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Most Popular

Recent Comments