Tuesday, November 29, 2022
No menu items!
spot_img
HomeNasionalYayasan BSMU Raih 2 Penghargaan Top CSR 2022

Yayasan BSMU Raih 2 Penghargaan Top CSR 2022

Jakarta. benang.id –  Yayasan Bangun Sejahtera Mitra Umat (BSMU) mendapatkan dua penghargaan di Top CSR Award 2022 yang diselenggarakan oleh Majalah Top Business.  

Dua penghargaan ini adalah penghargaan kepada lembaga yaitu Top CSR 2022 Stars 5 dan penghargaan kepada Ketua Umum Yayasan BSMU, Suhendar sebagai Top Leader on CSR Commitment 2022.  

Penghargaan Top CSR 2022 Stars 5 diberikan sebagai perusahaan yang sukses dalam menerapkan program tanggung jawab sosial dan lingkungan (TJSL) atau biasa disebut CSR (Corporate Social Responsibility).  

Top Leader on CSR Commitment 2022 diberikan sebagai bentuk apresiasi karena berhasil menjalankan program inisiatif CSR. Dengan meraih penghargaan Top Leader on CSR Commitment 2022, berarti BSMU dinilai memiliki komitmen tinggi dalam mendukung kelengkapan sistem, tata kelola, dan keberhasilan implementasi CSR di perusahaan.  

Pada tahun 2022, Yayasan BSMU merupakan satu- satunya Lembaga filantropi yang mendapatkan penghargaan Top CSR 2022 Stars 5 sebagai wujud nyata pengelolaan CSR professional.  

Tema yang diambil dalam awarding yang dilaksanakan di Hotel Raffles Jakarta, Rabu (30/3) adalah “The Responsible Company is a Key Strategy for Sustainable Business Growth”. Penilaian Top CSR Awards 2022 berbasis ketentuan ISO 26000, Good Corporate Governance (GCG), dan Strategi Bisnis dari para kandidat pemenang.  

Ketua Umum Yayasan BSMU, Suhendar mengucapkan terima kasih kepada seluruh stakeholder khususnya PT Bank Syariah Indonesia Tbk serta nasabah serta seluruh donator atas dukungan dan kepercayaan yang diberikan. “ Ini merupakan apresiasi sekaligus Amanah kami,” kata Suhendar, dalam rilisnya.  

Pada tahun ini Yayasan BSMU, telah mendapatkan penghargaan lebih baik dibanding tahun lalu, Untuk itu ke depan yayasan akan terus melakukan inovasi kebaikan untuk memberikan hasil yang lebih baik.  

Konsep pengelolaan CSR yang BSMU jalankan, menerapkan prinsip bahwa CSR harus impactful, memiliki dampak jangka panjang dan menyelesaikan problematika sosial dan tentu saja sebagai wujud nyata creating shared value bagi seluruh stakeholder. “Selain itu, dalam implementasinya, kami melakukan implementasi program secara kontinu dari hulu ke hilir, mulai dari inisiasi,” ujarnya,  

Manfaat dari tanggung jawab sosial ini tidak hanya dirasakan oleh BSI dan juga BSMU, namun juga masyarakat sekitar. Hal ini terbukti dengan adanya zakat pertanian yang dinikmati oleh masyarakat sekitar Desa BSI Lampung yaitu 20,25 ton serta penyaluran CSR 10% dari keuntungan kelompok Gapsera untuk kegiatan sosial.

Di akhir program BSMU telah berhasil meningkatkan kesejahteraan petani dengan 100% rumah tangga miskin berpindah menjadi rumah tangga sejahtera serta masuknya 52 kepala keluarga mitra.  

Pada social impact BSMU juga berhasil mendorong sistem jaminan sosial swadaya dengan adanya alokasi CSR kelompok petani, pinjaman darurat serta aktivitas sosial lainnya.  

Selain itu petani juga sudah mulai memperluas produksi, yang tadinya hanya 4 ton per hari menjadi 8 ton per hari. Perluasan bisnis juga diperluas dengan bisnis benih pertanian organik serta perluasan pangsa pasar.  

Dalam penilaiannya, Majalah Top Business bersama asosiasi membagi tingkatan klasifikasi perusahaan/organisasi. Beberapa kriteria ini diantaranya keselarasan Inisiatif CSR (atau Dukungan Program CSR) terhadap strategi bisnis perusahaan; tingkat adopsi Kebijakan dan program CSR terhadap ketentuan ISO 26000:2010 Social Responsibility.  

Sistem Tata Kelola CSR baik perencanaan, pelaksanaan, monitoring dan pelaporan;  tingkat adopsi CSR terhadap konsep CSV (Creating Shared Value / Berbagi manfaat bersama, dengan para pemangku kepentingan) dan adanya CSR Unggulan yang dapat menjadi contoh/dapat direkomendasikan kepada perusahaan lain.  

Ketua Penyelenggara Top CSR Awards 2022, M. Lutfi Handayani, yang juga Pemimpin Redaksi Majalah Top Business, menjelaskan bahwa kegiatan ini diikuti oleh 850 perusahaan di Indonesia (long list kandidat pemenang). Ada sebanyak 200 perusahaan yang mengikuti penilaian, dan 160 perusahaan mengikuti secara lengkap. “Jumlah ini meningkat 10% dibanding tahun lalu yang sebanyak 145 perusahaan,” kata Lutfi.  

Kegiatan Top CSR Awards merupakan kegiatan penilaian dan pemberian penghargaan bidang CSR yang tertinggi, dan insya Allah yang terbesar dan paling membanggakan di Indonesia, yang diberikan kepada perusahaan-perusahaan yang beroperasi di Indonesia, yang dinilai berhasil dalam menjalankan program CSR/ TJSL/Community Development, yang efektif dan berkualitas.  

Sekaligus, Top CSR Awards bukan hanya sekadar kegiatan penilaian dan pemberian perhargaan semata, namun didalamnya ada banyak proses pembelajaran bersama untuk meningkatkan kualitas dan efektivitas CSR perusahaan.  

RELATED ARTICLES

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Most Popular

Recent Comments