Friday, July 1, 2022
No menu items!
spot_img
HomeEkonomiDBS Treasures Private Client Bertransformasi Digital Hadirkan Advisory Berbasis Data Unik

DBS Treasures Private Client Bertransformasi Digital Hadirkan Advisory Berbasis Data Unik

Jakarta, benang.id  – Dengan jumlah Assets Under Management (AUM) yang kian bertambah sebesar double digit dibandingkan tahun lalu, DBS Treasures Private Client terus tumbuh dan dipercaya sebagai mitra manajemen kekayaan yang hadir memenuhi kebutuhan High Net Worth Individual (HNWI).

HNWI di Indonesia, yang pada tahun 2020 hingga 2025 diprediksi akan meningkat hingga dua kali lipat, beraspirasi mengelola dan melakukan perpindahan kekayaan ke generasi selanjutnya.

DBS Treasures Private Client mengidentifikasi tren generasi muda HNWI sejak Agustus 2021, yang saat ini mencapai 11% dari total nasabah. Potensi untuk terus tumbuh masih besar karena studi terhadap market yang dilakukan oleh DBS Treasures Private Client dengan Wunderman Thompson (2021) menunjukkan bahwa saat ini hampir separuh (48%) dari HNWI di Indonesia berusia di bawah 40 tahun. 

(Ki-ka) Head of Investment Product & Advisory, PT Bank DBS Indonesia, Djoko Soelistyo, Consumer Banking Director, PT Bank DBS Indonesia, Rudy Tandjung, dan Head of Sales and Distribution Consumer Banking Group, PT Bank DBS Indonesia, Melfrida Gultom berdiskusi dalam acara media luncheon bertajuk “The Rise of Next Gen HNWI: Curated Solutions Across Generations to Stay Ahead”. Foto: DBS Bank Indonesia

Consumer Banking Director, PT Bank DBS Indonesia Rudy Tandjung mengatakan, data kualitatif Wunderman Thompson di 2021 menunjukkan generasi muda HNWI memiliki karakter yang berbeda-beda; yakni Business Inheritor atau mereka yang mewarisi bisnis keluarganya; Passion Pathfinder adalah mereka yang memiliki usaha atau entrepreneur sesuai passion mereka sehingga berbeda dari bisnis orang tua; dan yang terakhir adalah Career Climber atau mereka yang tetap di jalur profesional sebagai karyawan namun merupakan bagian dari keluarga HNWI.

“Ketiganya menghadapi tekanan parameter kesuksesan generasi sebelumnya serta kebutuhan menjaga dan mengoptimalkan semua yang telah diraih. Menurut data Williams Group Wealth Consultant, kekayaan keluarga mengalami penurunan lebih dari 50% di generasi berikutnya disebabkan perselisihan keluarga (60%), kurangnya persiapan ahli waris (25%), dan penyebab lain seperti pajak dan legal (15%),” ujar Rudy Tandjung, dalam keterangan resmi Bank DBS Indonesia di Jakarta, Senin (23/5/2022).

Tekanan ini semakin berat karena hanya 9,8% HNWI generasi muda yang memiliki literasi finansial untuk memilah data dan informasi dalam pengambilan keputusan finansial.

Mengacu pada data tersebut, DBS Treasure Private Client memiliki peran penting sebagai mitra manajemen kekayaan untuk mendukung nasabah menavigasi kompleksitas pasar agar selalu terdepan, melalui personal growth dan curated wealth solutions.” 

Untuk memaksimalkan peluang serta insight terkini dalam mengelola dan menjaga aset nasabah, DBS Treasures Private Client secara aktif menghadirkan Personal Growth Program berupa acara networking bagi nasabah bersama komunitas HNWI untuk menjalin koneksi maupun mengeksplorasi bidang baru yang sedang berkembang, serta akses langsung kepada para pakar internal DBS dan eksternal melalui eTalk Series yang mencakup seluruh aspek wealth dan gaya hidup mulai dari perlindungan, perpajakan, hingga investasi.

DBS Bank Indonesia
Bidik Generasi Muda High Net Worth Individual, DBS Treasures Private Client Bertransformasi secara Digital untuk Menghadirkan Advisory Berbasis Data yang Unik bagi Setiap Nasabah

Head of Sales and Distribution Consumer Banking Group, PT Bank DBS Indonesia Melfrida Gultom menjelaskan, “Kami juga menambah program baru, yaitu Curated Privileges for Generations yang memudahkan nasabah dalam mengajak hingga empat orang anggota keluarganya untuk bergabung sebagai nasabah DBS Treasures Private Client dan menghadirkan keistimewaan yang mencakup seluruh aspek kekayaan bagi keluarga, termasuk pemeriksaan kesehatan dan aktivitas bersama sesuai preferensi”.

Dalam mendukung nasabah, DBS Treasures Private Client telah bertransformasi secara digital inside-out dan diperkuat dengan kapabilitas untuk menganalisis data secara masif, sehingga dapat mempertajam solusi yang dirancang unik bagi tiap nasabah.

“Semua Seasoned Relationship Manager kami dibekali dengan Portfolio Advisory Enablement Tool berupa real-time online dashboard yang dapat menganalisis portofolio nasabah dengan cepat dan menghadirkan advisory yang unik untuk menyeimbangkan dan memperkuat posisinya, serta digimarket berupa one-stop internal digital platform yang menghadirkan data harga dan kuota obligasi secara real-time untuk mempercepat proses transaksi hingga 67% dari 1 jam ke 20 menit,” tuturnya. 

DBS Bank Indonesia
Bidik Generasi Muda High Net Worth Individual, DBS Treasures Private Client Bertransformasi secara Digital untuk Menghadirkan Advisory Berbasis Data yang Unik bagi Setiap Nasabah

Head of Investment Product & Advisory, PT Bank DBS Indonesia Djoko Soelistyo mengatakan, nasabah akan mendapatkan Smart Insights berupa notifikasi peluang sesuai aspirasi dan segera disampaikan sesuai momentum melalui ragam media komunikasi berdasarkan preferensi.

“Nasabah pun dapat mengambil peluang tersebut secara fleksibel melalui rangkaian omni-channel seperti aplikasi digibank by DBS yang menghadirkan kemudahan transaksi investasi end-to-end, mencakup: Obligasi pasar perdana dan sekunder, serta reksa dana di berbagai tingkat risiko, sektor industri, pasar lokal dan global. Ada pula Phone Instruction, RM WhatsApp, Video Conference untuk pembelian produk perlindungan,” imbuhnya.

Fleksibilitas meraih peluang tersebut juga didukung oleh ketersediaan kantor cabang di titik strategis dengan berbagai keistimewaan khusus nasabah, untuk diskusi tatap muka dengan Seasoned Relationship Manager yang juga berusia muda, namun telah berpengalaman luas serta memiliki visi dan ambisi yang sama dengan para nasabah muda.

RELATED ARTICLES

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Most Popular

Recent Comments