Saturday, May 18, 2024
No menu items!
spot_img
HomeNasionalDies Natalis ke-58, UAJY Perkuat Peran dalam Isu Sustainability 

Dies Natalis ke-58, UAJY Perkuat Peran dalam Isu Sustainability 

Yogyakarta, benang.id – Universitas Atma Jaya Yogyakarta (UAJY) mengangkat tema “Penguatan UAJY yang Unggul dan Berkelanjutan” dalam Upacara Dies Natalis ke-58 pada Rabu (27/9/2023) di Auditorium Kampus II Gd Thomas Aquinas.

UAJY mengangkat tema tersebut karena memiliki keinginan untuk memperkuat perannya baik pada tingkat nasional maupun internasional, pada di bidang akademik maupun non akademik, di bidang pengajaran, penelitian dan pengabdian kepada masyarakat, hingga peran nyata UAJY di masyarakat semakin tumbuh dan berbuah. Secara khusus UAJY ingin memperkuat perannya dalam isu-isu keberlanjutan (sustainability) secara luas sejalan dengan pembangunan Indonesia.

Upacara Dies Natalis ke-58 pada Rabu (27/9/2023) di Auditorium Kampus II Gd Thomas Aquinas. Foto: Humas UAJY

Pada upacara Dies Natalis ke-58 ini, Rektor UAJY, Dr G Sri Nurhartanto SH LLM membacakan laporan tahunan universitas.

“Salah satu yang dapat diwujudkan adalah UAJY ikut berperan dalam pembangunan Ibu Kota Nusantara (IKN) sesuai dengan kapasitasnya,” ujar Sri Nurhartanto, dalam keterangan tulis Humas UAJY yang diterima Jumat (29/9/2023).

Hadir pula pada upacara, Gubernur Lemhannas Republik Indonesia, Andi Widjajanto SSos MSc PhD, untuk memberikan pidato ilmiah. Selain itu hadir Ketua Pelaksana Sumber Daya Air, Satuan Tugas Pembangunan Infrastruktur Ibu Kota Nusantara Kementerian PUPR, Ir Jarot Widyoko SP-1.

Andi Widjajanto,, Gubernur Lembaga Ketahanan Nasional Republik Indonesia memberikan Pidato Ilmiah. Foto: Humas UAJY

Sekretaris Umum Yayasan Slamet Rijadi Yogyakarta, Dr Ir J Pramana Gentur Sutopo MSc, dalam sambutannya mengungkapkan bahwa segenap sivitas akademika UAJY perlu mengencangkan ikat pinggang untuk menghadapi tantangan yang ada, tetapi tetap optimistis.

“Atma Jaya ibarat tanaman yang sedang berbunga. Kita harus memelihara dan menyiramnya dengan baik supaya menghasilkan buah. Buah itu berbentuk lulusan, lulusan yang berdampak. Professional sebagai out come, lalu berdampak baik pada masyarakat pada perkembangan peradaban. Dan ini hanya bisa dicapai kalau kita bekerja sama dengan baik,” terang Pramana Gentur Sutopo.

Turut hadir dalam upacara Dies Natalis, Ketua Tim Kerja Kelembagaan LLDikti Wilayah V Daerah Istimewa Yogyakarta, Zanuwar Fahruzi ST  LLDikti menyampaikan apresiasi pada UAJY yang telah berpartisipasi dan berkontribusi pada kemajuan pendidikan tidak hanya di DIY, tetapi juga di Indonesia dengan terus berinovasi dan bertransformasi.

Rektor UAJY membacakan Laporan Tahunan Dies Natalis ke-58. Foto: Humas UAJY

“Kami yakin UAJY akan semakin sukses mengemban mandatnya serta berkontribusi aktif untuk pembangunan IKN yang berkelanjutan. Dan semoga UAJY semakin unggul dalam mendidik dan membekali generasi muda dengan pengetahuan, keterampilan, dan nilai-nilai yang dibutuhkan untuk menghadapi masa depan khususnya di era yang penuh perubahan dan tantangan yang semakin kompleks,” imbuh Zanuwar.

Pada upacara Dies Natalis ke-58 ini, disampaikan pula penghargaan dan apresiasi bagi dosen, tenaga kependidikan, mahasiswa berprestasi dan purnatugas. Upacara ditutup dengan penampilan dari Paduan Suara Mahasiswa (PSM) UAJY dan doa syukur oleh Romo Stephanus Suratman Gitowiratmo Pr. (*)

RELATED ARTICLES

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Most Popular

Recent Comments