Tuesday, July 5, 2022
No menu items!
spot_img
HomeEkonomiGandeng Mastercard, Bank DBS Indonesia Luncurkan Digital digibank Black

Gandeng Mastercard, Bank DBS Indonesia Luncurkan Digital digibank Black

Jakarta, benang.id  – Bank DBS Indonesia bekerja sama dengan Mastercard meluncurkan Kartu Kredit Digital digibank Black. Hal ini sejalan dengan peningkatan tren buy now, pay later (BNPL) dan melanjutkan inovasi kartu kredit digital DBS yang dapat memberikan persetujuan dalam 60 detik. Begitu disetujui dan verifikasi sidik jari, nasabah dapat langsung mendapatkan informasi kartu kredit digital di aplikasi digibank by DBS dan langsung bisa gunakan kartu kredit nya untuk bertransaksi sesuai dengan kebutuhan. 

Tren BNPL di Indonesia diprediksi berkembang hingga 72,8% di penghujung 2021 dan akan meningkat di tahun 2022. Seiring dengan adanya keinginan untuk meningkatkan kualitas hidup setelah pandemi, penggunaan BNPL saat ini tidak lagi hanya dalam memenuhi kebutuhan primer. Faktanya, tren BNPL sudah mulai menjadi pilihan bagi masyarakat untuk memenuhi gaya hidup yang serba cepat, yakni berbelanja peralatan elektronik dan kebutuhan fashion, hingga melakukan perencanaan liburan melalui e-commerce. Tercatat sebanyak30% orang telah meningkatkan pengeluaran online mereka untuk memenuhi kebutuhan hidup sehari-hari.

Tren layanan buy now, pay later (BNPL) kian diminati karena dinilai memberikan kemudahan dalam bertransaksi, cepat, serta menghadirkan pilihan cicilan yang dapat membantu masyarakat dalam mengatur cash flow sembari memenuhi gaya hidup sesuai kebutuhan penggunaannya.

Mencermati tren ini, Rudy Tandjung, Consumer Banking Director, PT Bank DBS Indonesiamengatakan, seiring dengan meningkatnya kebutuhan akan layanan perbankan yang serba instan dan mudah, Bank DBS Indonesia secara konsisten melengkapi layanan perbankan digitalnya.

“Hal ini sejalan dengan prinsip “Live More, Bank Less”, di mana kami tidak ingin merumitkan nasabah dengan urusan perbankan. Kami dengan bangga memperkenalkan Kartu Kredit Digital digibank Black yang akan memperkuat komitmen kami dalam memberikan solusi perbankan yang inovatif, serta membantu akselerasi ekosistem dan inklusi finansial melalui kolaborasi strategis dengan berbagai mitra,” ujar Rudy Tandjung dalam keterangan resminya belum lama ini. 

Peningkatan gaya hidup menggunakan alternatif BNPL tak luput dari peranan perbankan digital yang turut mendukung kemudahan transaksi nasabah sehari-hari, terlebih di masa pandemi. Hal ini sejalan dengan data Bank Indonesia yang mencatatkan peningkatan nilai transaksi digital banking sebesar 47,08% secara tahunan (year on year) menjadi Rp3.877,3 triliun di November 2021.

Selain itu, Bank DBS Indonesia melihat terjadinya peralihan dari perilaku berbelanja nasabah menuju online di sepanjang tahun 2021. Hal ini terbukti berdasarkan atas data internal DBS yang menemukan kategori transaksi yang paling banyak digunakan saat ini adalah transaksi di merchant online, seperti e-commerce

digibank Black
Bank DBS Indonesia-Mastercard meluncurkan Kartu Kredit Digital digibank Black. Foto: dbs.id

Kerja sama antara digibank by DBS dan Mastercard ini bertujuan untuk memberikan solusi keuangan dengan proses kredit yang mudah, cepat, dan aman bagi masyarakat. Kartu Kredit digital digibank Black menawarkan:

·      Fitur BNPL 0% dengan tenor pembayaran selama 3 (tiga) bulan untuk semua transaksi ritel di mana pun. Cukup akses aplikasi digibank by DBS setelah bertransaksi untuk mengubah transaksi menjadi cicilan.

·      Merchant acceptance yang luas, produk ini dapat digunakan di dalam negeri maupun luar negeri, secara offline maupun online

·      Keuntungan lainnya bagi nasabah adalah mendapatkan 5x (lima kali) poin rewards untuk transaksi di merchant supermarket dan pom bensin. 

·      Poin rewards yang didapatkan oleh nasabah dapat ditukarkan dengan voucher belanja, airlines mileage, cashback, dan lain-lain melalui aplikasi digibank by DBS.

Ari Lastina, Head of Card Business PT Bank DBS Indonesia menuturkan bahwa digibank by DBS semakin jeli memerhatikan dan mendengarkan perubahan perilaku nasabah dan berinovasi khususnya dalam menciptakan consumer journey yang menyenangkan.

“Melalui kemudahan persetujuan 60 detik, Kartu Kredit Digital digibank Black memungkinkan nasabah menggunakan layanan BNPL 0% 3 bulan dengan cepat dan aman, dengan keunggulan di mana seluruh transaksi ritel nasabah di merchant manapun di dalam dan luar negeri dapat diubah menjadi BNPL. Jadi, semua ada di dalam genggaman tangan lewat aplikasi digibank by DBS dari pengajuan aplikasi kartu kredit, ubah transaksi menjadi BNPL 0% 3 bulan, redeem rewards point, hingga layanan nasabah. Melalui platform digital yang kami sediakan, kami percaya nasabah dapat lebih nyaman dan diuntungkan dengan bertransaksi dengan kartu kredit digibank by DBS,” jelas Ari Lastina. 

Digitalisasi yang digaungkan oleh Bank DBS Indonesia secara menyeluruh turut meningkatkan adopsi masyarakat akan layanan perbankan digital. Aplikasi digibank by DBS memberikan solusi perbankan yang inovatif, dapat diakses dari mana saja, kapan saja sesuai dengan konsep signatureless, paperless and branchless. Peluncuran Kartu Kredit Digital digibank Black ini merupakan bagian dari kampanye This is DBS digibanking, kapabilitas perbankan digital paling intuitif dan cerdas di Indonesia yang mudah dan cepat guna mendukung kebutuhan nasabah sehari-hari. 

Sejak awal diluncurkan, digibank by DBS berkomitmen untuk memberikan full fledge service secara digital. Belajar dari kondisi pandemi, masyarakat sudah cukup nyaman untuk memenuhi kebutuhan perbankan mereka via aplikasi. Produk dan layanan yang telah disiapkan secara digital, yakni tabungan rupiah dan mata uang asing, serta investasi reksa dana dan obligasi. Transformasi digitalisasi perbankan Bank DBS Indonesia ini telah diakui dan meraih berbagai penghargaan, di antaranya Indonesia’s Most Popular Digital Financial Brands (Millennials’ Choice) 2021 oleh ICONOMICS, Indonesia Outstanding Millennials’ Brand Choice Awards 2021 oleh Warta Ekonomi, Digital Brand Awards 2021 oleh Infobank, Indonesia Digital Innovation Awards 2021 oleh Warta Ekonomi dan The Best Full-Fledged Digital Banking 2021 oleh CNBC. 

Navin Jain, Country Manager, Indonesia, Mastercard mengatakan, adopsi digital konsumen di Indonesia meningkat dengan pesat. Untuk itu, Mastercard senang dapat bermitra dengan Bank DBS Indonesia untuk menghadirkan solusi pembayaran digital baru melalui peluncuran Kartu Kredit Digital digibank Black.

“Mastercard percaya bahwa menghadirkan fasilitas kredit yang lebih cepat kepada para konsumen, dan memberikan mereka akses ke jaringan penerimaan Mastercard yang luas akan membantu meningkatkan ekonomi digital Indonesia, serta meningkatkan inklusi keuangan,” pungkasnya.

RELATED ARTICLES

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Most Popular

Recent Comments