Tuesday, July 5, 2022
No menu items!
spot_img
HomeNasionalKSAD: Korps Menwa Garda Terdepan Jaga Pancasila dan NKRI

KSAD: Korps Menwa Garda Terdepan Jaga Pancasila dan NKRI

Bandung, benang.id – Kepala Staf TNI Angkatan Darat, Jenderal TNI Dr Dudung Abdurachman SE MM menekankan bahwa setiap warga masyarakat harus mendahulukan kepentingan umum dari kepentingan kelompok yang juga merupakan nilai-nilai luhur bangsa. Menurut KASD, mahasiswa terutama Korps Menwa Indonesia untuk adalah garda terdepan dalam menjaga Pancasila dan NKRI. 

KSAD Jenderal Dudung mengemukakan hal tersebut saat memberikan kuliah umum dalam rangka Peringatan HUT ke-63 Menwa Mahawarman Jawa Barat pada Senin (13/6/2022) di Gedung Sabuga ITB.

Kuliah umum yang 500 orang yang terdiri dari anggota Menwa Mahawarman dan mahasiswa ini juga dihadiri Aster KSAD, Wadansesko TNI, Wadankodiklatad, Dansecapa AD, Pangdam III/Siliwangi, para pejabat TNI Angkatan Darat, Wakil Gubernur Jawa Barat, Rektor ITB, Ketua Umum Korps Menwa Indonesia, undangan lain yang berasal dari berbagai instansi dan anggota Menwa dari resimen lain seperti Jayakarta, Mahasurya dan Sultan Thaha.

KSAD menyampaikan bahwa pada era teknologi yang sangat terbuka ini, informasi bisa didapat dari berbagai sumber yang bisa saja dengan sengaja diputar balikan sehingga kita harus memiliki dasar literasi yang kuat untuk menanggulangi hoaks tersebut.

“Jika dilihat dari sejarah, Indonesia selalu sukses dalam mengatasi tantangan dari pihak eksternal, namun kini Bangsa Indonesia lebih banyak menghadapi tantangan internal, sehingga kita harus mempersenjatai diri dengan nilai-nilai persatuan bangsa yang tertuang dalam Pancasila. Nilai-nilai yang harus dimiliki bangsa Indonesia antara lain menghormati perbedaan, mendahulukan kepentingan umum, rela berkorban, pantang menyerah, gotong royong, optimisme, dan nilai yang tidak boleh kita tinggalkan yakni nasionalisme,” tutur KSAD.

KSAD dan Menwa
KSAD Jenderal Dudung berfoto bersama usai memberikan kuliah umum dalam rangka Peringatan HUT ke-63 Menwa Mahawarman Jawa Barat pada Senin (13/6/2022) di Gedung Sabuga ITB. Foto: IST

KSAD mengajak seluruh mahasiswa dan terutama Korps Menwa Indonesia untuk menjaga Pancasila dengan menjadi agen perubahan, penjaga nilai, penerus bangsa, serta sebagai pengontrol sosial dalam kehidupan bermasyarakat. Tiga kunci sukses yaitu lupakan masa lalu, lakukan yang terbaik, dan perjuangkan cita cita, diharapkan dengan melaksanakan hal ini maka kita akan lebih dekat dengan kesuksesan.

KSAD menyampaikan agar Korps Menwa Indonesia untuk terus tumbuh dan berkembang serta menjaga Pancasila serta keutuhan dan kedaulatan Negara Kesatuan Republik Indonesia.

Sementara itu, Rektor ITB menyampaikan bahwa momentum HUT Ke-63 Menwa Mahawarman merupakan pengingat kembali bagi anggota Menwa dan keseluruhan generasi muda, dimana dalam 10 sampai 20 tahun lagi masa depan Bangsa Indonesia berada di pundak generasi muda saat ini perlu dibekali agar dapat membawa Indonesia menjadi bangsa yang mandiri, kuat, dan percaya diri.

Senada dengan hal tersebut, Wakil Gubernur Jawa Barat meminta Menwa Mahawarman harus menjadi lokomotif dan garda terdepan dalam mempertahankan Pancasila yang disusun dan diamalkan oleh segenap Bangsa Indonesia, sehingga siapapun yang melawan Pancasila maka harus melawan seluruh elemen masyarakat Indonesia termasuk Menwa Mahawarman. (PR)

RELATED ARTICLES

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Most Popular

Recent Comments