Friday, July 1, 2022
No menu items!
spot_img
HomeNasionalMahasiswa FTI UAJY Ciptakan Aplikasi Sipeni untuk Masyarakat Giripeni Kulon Progo

Mahasiswa FTI UAJY Ciptakan Aplikasi Sipeni untuk Masyarakat Giripeni Kulon Progo

Kulon Progo, benang.id – Mahasiswa Fakultas Teknologi Industri Universitas Atma Jaya Yogyakarta membuat aplikasi Sipeni (Sistem Informasi Kependudukan Kelurahan Giripeni) untuk membantu dalam pengelolaan penduduk di Kelurahan Giripeni.

Aplikasi Sipeni diresmikan dalam acara Peresmian Hasil Karya Pengabdian pada Masyarakat UAJY Semester Genap Tahun 2021/2022 di Padukuhan Kalikepek dan Jurangjero, Kalurahan Giripeni, Kapanewon Wates, Kabupaten Kulon Progo pada Sabtu (21/5/2022).

“Dari Fakultas Teknologi Industri membuat aplikasi SIPENI. Secara khusus untuk aplikasi pengelolaan penduduk di Kelurahan Giripeni sudah didaftarkan dan sudah mendapatkan sertifikat hak cipta, adapun aplikasi tersebut dimiliki oleh Kelurahan Giripeni”, ujar Prof Ir Suyoto MSc PhD, Ketua LPPM UAJY, dalam keterangan tertulisnya.

Lurah Giripeni Iswanto Adi Saputro SE. mewakili warga Kelurahan Giripeni mengucapkan terima kasih karena UAJY telah menciptakan aplikasi SIPENI yang sangat bermanfaat bagi masyarakat Kelurahan Giripeni karena sebelum adanya aplikasi tersebut ketua RT maupun Kepala Dukuh kesulitan dalam mendata warganya.

“Dengan adanya aplikasi Sipeni ini Kelurahan Giripeni dapat masuk ke dunia digital untuk pendataan penduduk sebagai aplikasi pendamping pencatatan penduduk di Kelurahan Giripeni,” ungkap Iswanto.

Penyerahan Sertifikat pencatatan Hak Atas Kekayaan Intelektual (HAKI) Sipeni diwakili oleh Rektor UAJY, Prof Ir Yoyong Arfiadi MEng PhD didampingi oleh Prof Ir Suyoto MSc PhD (Ketua LPPM UAJY) serta Iswanto Adi Saputro SE (Lurah Giripeni). Simbolisasi peresmian ditandai dengan pemotongan pita bersama oleh Panewu Wates, Setiawan Tri Widada SSos dan Rektor UAJY  Prof Yoyong.

 “Terima kasih untuk mahasiswa Universitas Atma Jaya Yogyakarta yang sudah menciptakan aplikasi SIPENI dan juga sudah mendapatkan Hak Cipta sehingga tidak ada kelurahan lain bisa memplagiasi,” ujar Setiawan Tri Widada SSos, Panewu Wates.

Setiawan juga berharap dengan adanya aplikasi yang memuat seluruh data penduduk ini bisa membantu kehidupan masyarakat Giripeni, seperti dalam pemetaan masyarakat, potensi wilayah dan kegiatan administratif lainnya.

RELATED ARTICLES

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Most Popular

Recent Comments