Wednesday, November 30, 2022
No menu items!
spot_img
HomeNasionalUAJY Lakukan Pengabdian pada Masyarakat di Kalurahan Giripeni

UAJY Lakukan Pengabdian pada Masyarakat di Kalurahan Giripeni

Kulon Progo, benang.id – Universitas Atma Jaya Yogyakarta (UAJY) meresmikan hasil karya pengabdian pada masyarakat di Padukuhan Kalikepek dan Padukuhan Jurangjero, Kalurahan Giripeni, Kapenawon Wates, Kabupaten Kulon Progo pada Sabtu (21/5/2022).

Peresmian ini dihadiri oleh Rektor UAJY, Prof Ir Yoyong Arfiadi MEng PhD, Prof Ir Suyoto MSc PhD (Ketua LPPM UAJY), Dr Ir J Pramana Gentur Sutapa MSc (Sekretaris Yayasan Slamet Rijadi Yogyakarta), dan Iswanto Adi Saputro SE (Lurah Giripeni).

UAJY di Kulon Progo
Universitas Atma Jaya Yogyakarta (UAJY) meresmikan hasil karya pengabdian pada masyarakat di Padukuhan Kalikepek dan Padukuhan Jurangjero, Kalurahan Giripeni, Kapenawon Wates, Kabupaten Kulon Progo pada Sabtu (21/5/2022). Foto: UAJY

Dalam peresmian hasil karya pengabdian tersebut juga terdapat penyerahan sertifikat pencatatan Hak Cipta Sipeni (Sistem Penduduk Giripeni).

“Dengan adanya program pengabdian dari UAJY, saya mewakili seluruh warga mengucapkan banyak terima kasih ini sungguh suatu kebanggan bagi kami atas kontribusi dan partisipasi dari UAJY untuk pengabdian pada warga kami. Semoga pengabdian ini bisa untuk berkegiatan dan bermanfaat bagi masyarakat kami,” ungkap Iswanto.

Iswanto juga menambahkan sangat berterima kasih kepada UAJY berkat dibuatnya Sipeni (Sistem Penduduk Giripeni). Harapannya dengan adanya Sipeni, Kalurahan Giripeni akan masuk ke dunia digital untuk pendataan penduduk.

Dalam peresmian ini, Ketua LPPM UAJY, Prof Suyoto, memaparkan kegiatan pengabdian masyarakat yang dibagi dua bagian yaitu fisik dengan wujud pembuatan jalan dan non fisik yang dilaksanakan dengan penyuluhan yang sudah berjalan.

“Pengabdian non fisik dari Fakultas Teknologi Industri membuatkan aplikasi Sipeni, dari Fakultas Bisnis dan Ekonomika memberikan pelatihan UMKM bagi ibu-ibu, dari Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik memberikan pendampingan kepada kelompok masyarakat untuk mampu mengembangkan potensi daerah sehingga mampu menjadi ikon, dari Fakultas Teknobiologi membuat teknologi tepat guna untuk mengolah hasil pertanian pasca panen, dari Fakultas Teknik membuat upaya pemanenan air hujan untuk kebutuhan rumah tangga, dan dari Fakultas Hukum memberikan sosialisasi perlindungan hukum terhadap petugas pelayan masyarakat dan sebagai mediator permasalahan di masyarakat,” jelas Suyoto.

Rektor UAJY, Prof Yoyong Arfiadi dalam sambutannya berharap agar kegiatan pengabdian yang baru diinisiasi ini dapat meningkatkan pengetahuan dan kemajuan masyarakat di Kalurahan Giripeni.

“Kegiatan fisik yaitu pengerasan jalan, meskipun baru sepenggal jalan dapat meningkatkan kenyamanan masyarakat dan menimbulkan sepenggal harapan lain bagi kemajuan masyarakat. Kami juga berharap kegiatan ini dapat diteruskan, menjalin kerja sama lain baik dalam kegiatan pengabdian masyarakat ataupun KKN,” ungkap Yoyong.

UAJY di Kulon Progo
Universitas Atma Jaya Yogyakarta (UAJY) meresmikan hasil karya pengabdian pada masyarakat di Padukuhan Kalikepek dan Padukuhan Jurangjero, Kalurahan Giripeni, Kapenawon Wates, Kabupaten Kulon Progo pada Sabtu (21/5/2022). Foto: UAJY

Dr Pramana Gentur Sutapa, Sekretaris Yayasan Slamet Rijadi Yogyakarta mengungkapkan bahwa dengan adanya kegiatan pengabdian yang dilakukan oleh enam fakultas menjadi perekat persaudaraan antara UAJY dengan masyarakat Padukuhan Jurangjero dan Kalikepek.

“Mudah-mudahan pengabdian ini berlanjut untuk berbagai macam bidang sehingga kehadiran UAJY di Kalurahan Giripeni memberikan manfaat kepada masyarakat,” ungkap Pramana.

Pramana juga mengucapkan terima kasih karena berkat pengabdian ini, mahasiswa UAJY mendapatkan sesuatu yaitu belajar langsung di masyarakat, mengembangkan berbagai macam keterampilan dan juga kepekaan untuk hidup di masyarakat.

RELATED ARTICLES

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Most Popular

Recent Comments