Thursday, August 11, 2022
No menu items!
spot_img
HomeNasionalManusia Perlu Jalin Hubungan Baik dengan Alam

Manusia Perlu Jalin Hubungan Baik dengan Alam

Yogyakarta, benang.id –  Alam merupakan sumber hidup sehingga manusia perlu menjalin hubungan yang baik dengan alam.

Demikian dikemukakan Robertus Bellarminus Sutarno, Pemenang Kalpataru Nasional 2020 dalam Teknobiotalk #2 Laudato Si’: Bahan Alam untuk Kesehatan pada Rabu (22/6/2022) secara daring, yang digelar Fakultas Teknobiologi Universitas Atma Jaya Yogyakarta (FTB UAJY).

 “Hidup yang sehat dalam tubuh yang sehat berarti sehat juga dalam jasmani, rohani, ekonomi dan lingkungan. Sehingga pentingnya menyapa dan berteman baik dengan alam,” jelas Robertus yang membahas Penyediaan dan penggunaan sumber obat alami yang bermutu dan berkelanjutan.

Selain Robertus Bellarminus Sutarno, hadir juga sebagai pembicara, Drs P Kianto Atmodjo MSi, Dosen Fakultas Teknobiologi UAJY, dan drh Ignatius Djuniarto SKep MMR, Dosen STIKES Wira Husada dan Pengurus Ecoenzym Nusantara Yogyakarta. Acara dimoderatori oleh Apt Ines Septi Arsiningtyas PhD.

FTB UAJY
Teknobiotalk #2 Laudato Si’: Bahan Alam untuk Kesehatan pada Rabu (22/6/2022) secara daring, yang digelar Fakultas Teknobiologi Universitas Atma Jaya Yogyakarta (FTB UAJY). Foto: FTB UAJY

Dekan Fakultas Teknobiologi UAJY, Dr  Exsyupransia Mursyanti MSi. Mursyanti dalam sambutan pembukaannya menjelaskan bahwa diambilnya tema ini karena masyarakat Indonesia bergantung dengan obat-obatan dari bahan alam, sehingga kebutuhan obat-obatan dari bahan alam terus meningkat.

“Tema mengenai bahan alam diangkat juga dikarenakan berkaitan dengan salah satu konsentrasi atau minat yang dikembangkan oleh Program Studi Biologi, Fakultas Teknobiologi UAJY yaitu Teknobioindustri yang berfokus pada kesehatan dan kosmetik, termasuk bahan alam yang bermanfaat,” jelas Mursyanti.

Sedangkan Patricius Kianto Atmodjo mengemukakan tentang aneka produk fermentasi bahan alam.

Patricius menjelaskan bahwa mikroorganisme hidup di setiap sudut bumi, sangat diperlukan dalam aspek kehidupan dan bertanggung jawab untuk beberapa penyakit yang mematikan bagi manusia.

“Aneka produk fermentasi bahan alam sangat membantu kehidupan manusia karena menghasilkan berbagai macam inovasi bahan makanan dan obat-obatan,” ujar Patricius.

Adapun drh Ignatius Djuniarto sebagai pembicara terakhir, membahas mengenai aplikasi ecoenzym untuk kesehatan. Dengan adanya aplikasi ecoenzym untuk kesehatan diharapkan dapat menjaga kesehatan masyarakat.

“Kita tidak bisa hidup sendiri. Status kesehatan kita dipengaruhi oleh orang-orang yang ada di sekitar kita. Hendaknya kita saling menjaga satu dengan yang lainnya,” ucap Ignatius.  

RELATED ARTICLES

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Most Popular

Recent Comments