Saturday, August 20, 2022
No menu items!
spot_img
HomeNasionalTiga Mahasiswa UAJY Raih Best Presenter CEEDRIMS 2022

Tiga Mahasiswa UAJY Raih Best Presenter CEEDRIMS 2022

Yogyakarta, benang.id – Tiga mahasiswa Universitas Atma Jaya Yogyakarta (UAJY) yaitu Alexander Kresna Yogatama (Teknik Sipil 2018), Alexander Daniel Purnomo (Teknik Sipil 2018), dan Jolang Sasongko Sutapa (Teknik Industri 2018) di bawah bimbingan Okkie Putriani ST MT CIAR (Dosen Prodi Teknik Sipil UAJY) berhasil mendapatkan penghargaan Best Presenter Sesi 5 pada Civil Engineering, Environmental, and Disaster Risk Symposium 2022 (CEEDRIMS).

Topik yang dipilih Kresna dan timnya berjudul “Implementasi MaaS di Kota Bandung: Pengumpulan, Integrasi, dan Pemanfaatan Big Data”.

Kresna dan tim memilik topik transportasi khususnya kemacetan dikarenakan penelitian yang ia dan timnya lakukan dapat memberi solusi untuk menjawab permasalahan tersebut. Penelitian ini berfokus pada pemanfaatan teknologi untuk dapat menciptakan integrasi antar moda kendaraan umum dalam bentuk Mobility as A Service (MaaS) sehingga diharapkan dapat meningkatkan minat masyarakat menggunakan kendaraan umum sehingga kemacetan lalu lintas dapat dikurangi.

“Kami memilih Kota Bandung sebagai objek penelitian karena pilihan moda transportasi yang beragam dari angkot, bus besar, hingga kereta serta pencapaian Kota Bandung sebagai urutan 28 dari 235 kota pintar (smart city) di dunia menurut Eden Strategy Institute dan urutan 14 dari 278 kota termacet di dunia menurut Asian Development Bank,” ungkap Kresna, dalam keterangan resmi Humas UAJY yang diterima di Jakarta, Sabtu (2/7/2022).

Proses yang dilalui Kresna dan tim yang pertama adalah menyesuaikan data-data dari hasil lomba oleh ITB yang sebelumnya diikuti agar sesuai dengan tujuan dari penelitian yang akan dibuat.

Proses kedua yaitu mengubah metode penelitian untuk menjawab tujuan penelitian, dilanjutkan dengan mengumpulkan dan mengubah isi penulisan penelitian berdasarkan masukan dan saran dari reviewer pelaksana konfrensi. Dan terakhir menyiapkan presentasi untuk konfrensi.

“Kami pernah turun langsung ke lapangan di Bandung saat agenda lomba ITB pada Januari 2022 yang lalu, di mana kami mengunjungi Bandung Command Center dan salah satu bisnis swasta dalam bidang transportasi umum yaitu Jaramba,” tambah Kresna.

Setelah mendapatkan penghargaan tersebut, Kresna dan tim akan berfokus untuk menyelesaikan tugas akhir.

RELATED ARTICLES

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Most Popular

Recent Comments