Saturday, December 3, 2022
No menu items!
spot_img
HomeNasionalPSSB UAJY dan 4K Yogyakarta Lepas Tukik di Pantai Pelangi

PSSB UAJY dan 4K Yogyakarta Lepas Tukik di Pantai Pelangi

Yogyakarta, benang.id – Komunitas Program Seleksi Siswa Berprestasi Universitas Atma Jaya Yogyakarta (PSSB UAJY) bekerja sama dengan Kelompok Aksi Konservasi Yogyakarta (4K Yogyakarta) menyelenggarakan bersih pantai dan pelepasan tukik di pantai Pelangi, Bantul, Yogyakarta, Jumat (8/7/2022).

Sekitar 20 mahasiswa UAJY mengikuti kegiatan ini, sebagai bentuk dari pengabdian Komunitas PSSB UAJY. Tujuan dari kegiatan ini yaitu untuk menjaga kelestarian alam sebagai lingkungan hidup penyu yang terancam punah.

“Saat ini, sampah menjadi ancaman terbesar bagi kehidupan penyu,” ujar Meylinda, Ketua PSSB UAJY, dalam siaran pers yang diterima di Jakarta, Rabu (13/7/2022).

UAJY lepas tukik
Sekitar 20 mahasiswa UAJY mengikuti kegiatan ini, sebagai bentuk dari pengabdian Komunitas PSSB UAJY. Foto: UAJY

Meylinda juga menjelaskan mengenai 6 dari 7 spesies penyu di dunia yang memiliki habitat di Indonesia. Selain itu, beberapa diantara spesies penyu tersebut masih dan pernah melakukan pendaratan serta berhabitat di Pantai Pelangi, Yogyakarta. Menyadari kondisi tersebut, Komunitas Mahasiswa PSSB UAJY melakukan kerjasama dengan Kelompok Aksi Konservasi Yogyakarta yaitu 4K Yogyakarta mengadakan Pengabdian PSSB 2022.

“Semoga melalui kegiatan ini semakin banyak pihak yang menyadari dan melakukan aksi nyata demi kelestarian alam, salah satunya untuk kelestarian hidup penyu khususnya di Indonesia,” tambah Meylinda.

UAJY lepas tukik
Tujuan dari kegiatan ini yaitu untuk menjaga kelestarian alam sebagai lingkungan hidup penyu yang terancam punah. Foto: UAJY

Acara dilanjutkan dengan bersih pantai Pelangi dan mempelajari pembuatan ecobrick yang dipandu oleh Daru Aji, Ketua 4K. Yogyakarta.

Ecobrick adalah salah satu metode alternatif pengolahan sampah anorganik di mana produk akhirnya dapat digunakan sebagai bahan dasar bangunan, hasil dari ecobrick yang kita buat ini nantinya dapat digunakan untuk bahan bangunan patung huruf pantai Pelangi yang rusak,” jelas Daru.

Acara diakhiri dengan pelepasan 20 ekor tukik di Pantai Pelangi, Bantul, Yogyakarta.

RELATED ARTICLES

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Most Popular

Recent Comments