Sunday, November 27, 2022
No menu items!
spot_img
HomeEkonomiTips Berinvestasi Aset Kripto di 2022

Tips Berinvestasi Aset Kripto di 2022

Jakarta, benang.id – Pasar kripto berkembang cepat dan pesat di Indonesia. Sebagian masyarakat mulai melirik aset kripto sebagai instrumen untuk melakukan diversifikasi portofolio investasi mereka.

Bitcoin misalnya, kendati dinilai sebagai salah satu jenis aset yang volatil karena perubahan harganya dapat berlangsung dengan cepat dalam waktu singkat, aset ini justru kini digadang-gadang sebagai “emas digital”. Hal ini disebabkan Bitcoin dinilai menarik untuk dijadikan investasi jangka panjang.

Banyak orang pun terjebak dalam ketergesaan di mana mereka tidak mempelajari secara mendetail mengenai koin yang ingin dibeli dan kegunaannya dan menjadi cemas mengamati perkembangan pasar.

Kripto
Aplikasi Zipmex. Foto ilustrasi: Zipmex

Bagi Anda yang ingin mulai berinvestasi kripto dari dasar, simak tips Zipmex berikut.

Pertama: Mulai dari nominal kecil

Banyak orang beranggapan bahwa untuk memulai investasi membutuhkan modal yang besar. Padahal sebenarnya, tidak juga. Anda bisa memulai investasi dengan modal yang minim. Di Zipmex misalnya, Anda bisa mulai berinvestasi hanya dengan modal Rp50.000 saja. 

Salah satu hal penting yang sering terlupakan adalah menyesuaikan nominal investasi dengan kondisi keuangan. Gunakan uang dingin atau dana yang dialokasikan untuk investasi, bukan kebutuhan atau keperluan mendesak. Siapkan rencana investasi dengan matang dan alokasikan sumber dana dengan baik dan bijak. Sehingga kondisi keuangan tetap stabil pada saat itu dan setelahnya. 

Kedua: Cari tahu dan pelajari ilmu dasar kripto

Kebanyakan orang mengalami “Fear of Missing Out” (FOMO) dan mulai berinvestasi di aset kripto tanpa persiapan dan hanya sekadar ikut-ikutan. Untuk meminimalisir hal ini, pastikan Anda melakukan riset melalui sumber-sumber terpercaya sebelum mulai berinvestasi. Riset merupakan hal yang sangat penting dan fundamental untuk dilakukan.

Lakukan pemeriksaan latar belakang terhadap aset dan platform yang akan digunakan. Jangan lupa juga untuk mempelajari perkembangan dunia agar dapat meminimalisir kerugian. Mempelajari kripto bisa dimulai dari hal sederhana, dimulai dari pengenalan akan istilah, jenis-jenis token yang diperjualbelikan, mengenal risikonya, hingga cara mendapatkan keuntungan. Salah satu rekomendasi artikel yang bisa dibaca untuk melengkapi kebutuhan riset mengenai kripto adalah melalui laman https://zipmex.com/id/learn/. Dengan mempelajari kripto sebelum memulai berinvestasi, dapat membuat kripto menjadi instrumen investasi yang menguntungkan dalam jangka panjang. Untuk mengetahui lebih lanjut mengenai produk-produk revolusioner yang dapat membantu Anda berinvestasi di kripto, Anda juga dapat mengunjungi laman jointhecryptorevolution.id.

Ketiga: Siapkan strategi yang matang 

Jangan mudah tergiur dengan koin baru yang memiliki harga fantastis. Dimulai dari mengidentifikasi macam-macam koin dari sumber yang terpercaya, lalu membuat perencanaan, seberapa banyak uang yang akan diinvestasikan dan dalam jangka waktu berapa lama akan diinvestasikan. Pastikan bahwa platform exchange atau crypto wallet yang dipilih sudah terdaftar dan diawasi oleh Badan Pengawas Berjangka Komoditi (Bappebti). Salah satu platform exchange di Indonesia yang sudah diawasi oleh Bappebti adalah Zipmex. Pada lamannya, Zipmex juga menyajikan artikel dan perhitungan koin harian untuk lebih dimengerti oleh para investor dan calon investor.

Keempat: Investasi di lebih dari satu koin

Istilah “Don’t put your eggs in one basket” tentunya sudah bukan lagi barang baru di dunia investasi. Istilah tersebut merupakan saran untuk tidak menginvestasikan uang yang kita miliki hanya ke dalam satu koin saja. Sebaliknya, untuk meminimalisasi kerugian, Anda bisa membagi dana yang Anda miliki ke dalam beberapa koin atau dikenal sebagai diversifikasi. Sehingga, jika kita mengalami kerugian di koin tertentu, kita masih mempunyai cadangan investasi di koin lain dan kesempatan mendapat keuntungan. 

Kelima: Cari tahu Top Gainer dan Top Loser

Dalam sebuah aktivitas jual-beli aset investasi, investor kerap memerhatikan aset top gainer dan top loser pada hari tersebut. Top gainer adalah koin yang mengalami peningkatan harga paling tinggi dan terjadi dalam satu hari perdagangan, sedangkan top loser adalah koin yang mengalami penurunan harga paling tinggi pada hari tersebut.

Bagi investor, informasi mengenai koin top gainer dan top loser merupakan hal penting yang dapat memberikan pandangan mengenai koin yang sedang memiliki tren positif ataupun negatif, serta kondisi pasar secara keseluruhan. Hal tersebut dapat membantu investor untuk menyusun strategi perdagangan, bahkan bisa mendapatkan ratifikasi yang lebih baik. Salah satu laman yang bisa dikunjungi untuk mencari tahu top gainer dan top loser adalah laman dari Zipmex di http://www.zipmex.co./id/ pilih menu Trade lalu Exchange, dan akan memberikan tampilan seperti ini.

Investasi aset kripto
Cart transaksi investasi aset kripto. Foto: Zipmex

Siska Lestari, Head of Growth Zipmex Indonesia mengatakan bahwa tren berinvestasi di kripto saat ini sedang naik.

“Namun, sebelum memulai berinvestasi sebaiknya kita memahami terlebih dahulu hal-hal dasar dari kripto dan apa saja yang perlu dihindari. Sebisa mungkin hindari hal-hal seperti membeli koin karena hanya harganya yang murah, ingin uang instan, dan salah dalam memilih platform untuk berinvestasi kripto. Pastikan platform exchange yang Anda pilih sudah terdaftar dan diawasi oleh Badan Pengawas Berjangka Komoditi (Bappebti) dan Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo), seperti Zipmex. Zipmex memiliki tampilan antarmuka yang sangat beginner friendly, jadi cocok digunakan untuk pengguna yang baru mulai berinvestasi di kripto. Selain itu, Zipmex juga mementingkan verifikasi akun, yang kita lakukan demi keamanan berinvestasi,” jelas Siska dalam keterangan resminya.

Kampanye Crypto Revolution yang diluncurkan oleh Zipmex belum lama ini ditujukan untuk merespon antusiasme terhadap investasi kripto yang terus tumbuh dengan mendobrak persepsi tentang kripto di Indonesia, serta menyediakan wadah di mana semua orang bisa belajar lebih dalam mengenai aset kripto.

Sebagai bagian dari kampanye Crypto Revolution, Zipmex menawarkan promosi khusus bagi para pengguna baru yang berupa cashback senilai Rp50,000 dalam bentuk Bitcoin. Untuk mendapatkan cashback ini pengguna harus mendaftar menggunakan kode referral dari Zipmex ‘REVOLUTION’ dan melakukan  deposit  minimum senilai Rp50.000 dalam satu kali transaksi. 

Saat ini, Zipmex juga sedang mempunyai penawaran bulanan menarik yaitu “Celengan Akhir Bulan” di mana Anda bisa mendapatkan bonus dari Zipmex hingga Rp400.000 dengan mengunci aset Anda di Ziplock.  

RELATED ARTICLES

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Most Popular

Recent Comments