Saturday, September 30, 2023
No menu items!
spot_img
HomeEkonomiUOB Indonesia Luncurkan UOB FinLab

UOB Indonesia Luncurkan UOB FinLab

Akselerator Inovasi Bisnis untuk Mengembangkan dan Mendigitalisasi Bisnis di Indonesia  

Jakarta, benang.id  – UOB Indonesia hari ini, 19 September 2023, meluncurkan UOB FinLab, program unggulan akselerator inovasi bisnis untuk mengembangkan dan mendigitalisasi bisnis di Indonesia. Peluncuran di Indonesia merupakan tonggak penting bagi UOB FinLab karena hal ini menandai regionalisasi UOB di lima pasar utama UOB di ASEAN.

Hal ini juga merupakan upaya menumbuhkan jaringan ekosistem regional yang kuat untuk pengembangan kapasitas lintas negara guna dalam rangka mendigitalkan dan meningkatkan keterampilan bisnis.

Salah satu sesi program digitalisasi bertajuk UKM SUKSES (Sistem Usaha Kreatif dan Solusi Ekonomi Sejahtera) dari UOB Finlab di Ballroom SMESCO, Jakarta, Selasa (19/9/2023). Foto: benang.id/Gora Kunjana

Sebagai bagian dari peluncuran tersebut, UOB FinLab juga memulai program digitalisasi perdananya bertajuk UKM SUKSES (Sistem Usaha Kreatif dan Solusi Ekonomi Sejahtera). Program 2 hari ini bertujuan membekali para peserta dengan pengetahuan, strategi dan tips praktis untuk mengadopsi teknologi digital dalam e-commerce, pemasaran digital serta logistik, memberdayakan para peserta untuk mendigitalkan dan mengembangkan bisnis mereka dengan sukses.

UOB FinLab Indonesia juga menandatangani perjanjian kerjasama (MoU) dengan mitra ekosistem lokal termasuk SMESCO, Hipmi dan Apindo dalam membangun ekosistem yang saling terhubung, mendukung, dan dinamis agar bisnis dapat tumbuh secara digital dan berkelanjutan.  Kolaborasi ini mencakup pertukaran pengetahuan, program, dan keahlian lintas negara untuk mendigitalkan, meningkatkan keterampilan, dan memberikan dukungan kepada 5.000 bisnis dalam tiga tahun ke depan.

Salah satu sesi program digitalisasi bertajuk UKM SUKSES (Sistem Usaha Kreatif dan Solusi Ekonomi Sejahtera) dari UOB Finlab di Ballroom SMESCO, Jakarta, Selasa (19/9/2023). Foto: benang.id/Gora Kunjana

Hendra Gunawan, Presiden Direktur UOB Indonesia mengatakan Indonesia telah mengalami percepatan pertumbuhan digitalisasi selama bertahun-tahun yang salah satunya didorong oleh kontribusi perusahaan perintis sebagai bagian dari ekosistem digital.

“Di UOB Indonesia, kami percaya bahwa untuk menciptakan ekosistem digital yang kondusif, diperlukan dukungan dari pihak pemerintah, swasta, serta masyarakat dalam rangka mendukung pertumbuhan industri digital, infrastruktur, dan pelatihan yang tepat. Melalui kehadiran UOB FinLab di Indonesia, kami  dapat menyediakan perangkat, pengetahuan, dan sumber daya yang dibutuhkan dunia usaha untuk meningkatkan daya saing produk dan layanan digital Indonesia,” katanya.

(Kiri ke kanan) Shannon Lung– Head of UOB FinLab and Partnerships UOB, Janet Young– Managing Director and Group Head Channels and Digitalisation and Strategic Communications and Brand UOB, dan Edisono Limin– Country Head of Channels and Digitalisation UOB Indonesia, dalam press conference di SMESCO, Jakarta, Selasa (19/9/2023). Foto: benang.id/Gora Kunjana

Edisono Limin, Country Head of Channels and Digitalisation, UOB Indonesia mengatakan, adopsi digital dapat menjadi tantangan bagi dunia usaha termasuk UKM.

“Kami hadir untuk mendukung proses digitalisasi mereka dengan menyediakan solusi, jaringan, dan peluang pembelajaran penting yang disesuaikan dengan kebutuhan, dimulai dengan program UKM SUKSES,” tuturnya.

Dengan kehadiran UOB FinLab di Singapura, Malaysia, Thailand, Vietnam dan kini Indonesia, UOB FinLab telah mendukung lebih dari 23.000 UKM di seluruh ASEAN. UOB FinLab juga memungkinkan dunia usaha memanfaatkan ekosistem regional dalam menyediakan akses ke berbagai pakar bisnis dan teknologi serta alat dan konten untuk mempercepat perjalanan digitalisasi dunia usaha. 

(Kiri ke kanan) Shannon Lung– Head of UOB FinLab and Partnerships UOB, Janet Young– Managing Director and Group Head Channels and Digitalisation and Strategic Communications and Brand UOB, dan Edisono Limin– Country Head of Channels and Digitalisation UOB Indonesia, dalam press conference di SMESCO, Jakarta, Selasa (19/9/2023). Foto: benang.id/Gora Kunjana

Melalui perspektif dan platform beragam yang saling terhubung, UOB Indonesia bertujuan membekali UKM lokal dengan wawasan dan strategi yang dibutuhkan untuk menavigasi era digital secara efektif. Berdasarkan UOB Business Outlook Study 2023 , 90% bisnis di Indonesia telah mengadopsi digitalisasi setidaknya di satu departemen. Namun, tantangan besarnya terletak pada penskalaan upaya ini dari masing-masing departemen ke seluruh bisnis.

Kajian tersebut menemukan bahwa digitalisasi telah menghasilkan kinerja bisnis, produktivitas yang lebih tinggi, serta peningkatan jangkauan nasabah. Tetapi, penting juga bagi dunia usaha untuk membekali para pekerja dengan keterampilan yang diperlukan untuk memberdayakan mereka dengan kepercayaan diri dan alat untuk berinovasi melalui pemanfaatan teknologi digital. (*)

RELATED ARTICLES

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Most Popular