Monday, July 4, 2022
No menu items!
spot_img
HomeNasionalWapres: Cendekiawan Muslim Harus Aktif Berpartisipasi di Forum Internasional

Wapres: Cendekiawan Muslim Harus Aktif Berpartisipasi di Forum Internasional

Jakarta, benang.id – Wakil Presiden (Wapres) KH Ma’ruf Amin memita para cendekiawan muslim yang tergabung dalam Ikatan Cendekiawan Muslim Indonesia (ICMI) aktif berpartisipasi dalam forum internasional untuk menciptakan perdamaian di tengah keragaman yang ada.

“Sumbangsih pemikiran dan kolaborasi dari cendekiawan muslim akan sangat diperlukan untuk mencari solusi atas isu-isu yang dihadapi dunia, salah satunya dengan secara aktif berpartisipasi di forum internasional. Karena apa yang terjadi di dunia dapat memengaruhi kehidupan di dalam negeri kita,” tegas Wapres Ma’ruf Amin pada acara Silaturahmi Kebangsaan dan Halalbihalal ICMI di Jakarta, Senin (30/5/2022), seperti dilansir wapresri.go.id.

Lebih lanjut Wapres menyampaikan, kontribusi pemikiran yang diberikan dalam forum internasional tersebut harus mencerminkan ajaran Islam yang Rahmatan lil ‘aalamin (rahmat bagi alam semesta). Untuk itu, para cendekiawan pun diimbau untuk memiliki cara pandang dan pola pikir yang mendunia.

“Cendekiawan muslim sudah sepatutnya memiliki Islamic world view, yaitu cara memandang berbagai hal, mulai dari pekerjaan, aktivitas, hukum, ilmu pengetahuan dan lainnya dari sudut pandang Islam,” imbuh Wapres.

Khususnya saat ini, lanjutnya, dimana Indonesia sedang memegang tongkat estafet Presidensi G20. Para cendekiawan diharapkan dapat memanfaatkan momentum ini dengan baik dan menjadikan forum internasional G20 sebagai ajang silaturahmi global untuk memulihkan dunia yang sempat terpuruk akibat pandemi dan berbagai konflik dengan kekerasan.

“ICMI dapat berkontribusi nyata dengan mendukung presidensi G20 Indonesia dan program-program prioritasnya, seperti penguatan tatanan kesehatan global yang lebih kokoh dan adil, utamanya terhadap negara berkembang, serta inovasi di bidang kesehatan,” tegas Wapres.

Menutup sambutannya, Wapres berpesan agar forum silaturahmi ICMI dapat melahirkan ide-ide bermanfaat tidak hanya bagi masyarakat Indonesia, tapi juga bagi masyarakat dunia.

“Saya juga berharap forum ini tidak hanya makin memperkuat solidaritas ICMI, tapi juga menghasilkan terobosan-terobosan baru bagi umat di seluruh dunia,” pungkasnya.

Sebelumnya, Ketua Umum ICMI Arif Satria, menyampaikan bahwa Silaturahmi Kebangsaan merupakan momentum penting untuk ICMI. Melalui forum ini, ICMI terus merajut, membangun dan mengonsolidasi sinergi dengan berbagai komponen bangsa, khususnya dalam memperkuat Sumber Daya Manusia (SDM) yang nantinya akan berkontribusi terhadap kemajuan bangsa.

“Kita tetap fokus dengan bagaimana memperkuat SDM dengan kualitas iman, kualitas pikir, kualitas karya, kualitas kerja, dan kualitas hidup. 5 K yang sudah dicanangkan sejak dulu itu adalah merupakan salah satu goal (tujuan) dan sosok ICMI hari ini dan ke depan, tentunya di tengah perubahan-perubahan yang saat ini tengah terjadi,” papar Arif.

Selain Ketua Umum ICMI, hadir pula dalam acara ini Ketua MPR RI Bambang Soesatyo, Wakil Ketua MPR RI Zulkifli Hasan dan Hidayat Nur Wahid, Ketua Dewan Penasehat ICMI Jimly Asshiddiqie, Wakil Ketua ICMI di antaranya M. Najib, M. Jafar Hafsah, Prio Budi Santoso, Andi Anzhar Cakra Wijaya, Teuku Abdullah Sany, dan Riri Fitri Sari, serta Sekretaris Jenderal ICMI Andi Yuliani Paris.

Sementara Wapres didampingi oleh Kepala Sekretariat Wakil Presiden Ahmad Erani Yustika, Staf Khusus Wapres Masduki Baidlowi dan Lukmanul Hakim, serta Plt. Deputi Bidang Dukungan Kebijakan Ekonomi dan Peningkatan Daya Saing Sekretariat Wapres, M. Zulkarnain.

RELATED ARTICLES

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Most Popular

Recent Comments