Friday, July 1, 2022
No menu items!
spot_img
HomeEkonomiWapres: Prinsip Ekonomi dan Keuangan Syariah Sejalan Konsep Pembangunan Berkelanjutan

Wapres: Prinsip Ekonomi dan Keuangan Syariah Sejalan Konsep Pembangunan Berkelanjutan

Jakarta, benang.id  – Wakil Presiden (Wapres) KH Ma’ruf Amin mengatakan, prinsip ekonomi dan keuangan syariah sejalan dengan konsep pembangunan berkelanjutan, serta dapat memberikan kontribusi bagi dunia dalam rangka mencari solusi berbagai permasalahan yang dialami negara-negara di dunia saat ini.

“Dengan dibukanya Hipmi Syariah Conference 2022 ini, saya harap dapat mencetak pengusaha-pengusaha muda yang mengamalkan kaidah ekonomi dan bisnis syariah,” ujar Ma’ruf, saat membuka sekaligus meresmikan Hipmi Syariah Conference 2022, Selasa (29/3/2022) di Istana Wakil Presiden.

Wapres mengungkapkan bahwa inisiasi Hipmi Syariah merupakan bukti nyata kontribusi Hipmi turut mensyi’arkan ekonomi dan keuangan syariah. Menurutnya, gerakan ini tentu akan disambut secara positif, apalagi akan dilaksanakan juga di kota-kota besar di Indonesia.

“Saya pun dengan senang hati meresmikan acara ini serta memberi semagat Hipmi Syariah untuk roadshow mengenalkan ekonomi dan keuangan syariah kepada masyarakat,” ucapnya.

Hipmi Syariah Conference 2022 merupakan awal dari rangkaian kegiatan Hipmi Syariah selama periode 2022.

Di dalam rangkaian kegiatan acara tersebut, Hipmi Syariah akan melaksanakan roadshow menuju kota-kota besar di Indonesia untuk menyampaikan syi’ar ekonomi syariah khususnya kepada pengusaha muda se-Indonesia.

Mardani H Maming
Ketum BPP Hipmi Mardani H Maming saat memberikan sambutannya pada peresmian Hipmi Syariah Conference 2022, di Istana Wakil Presiden, Selasa (29/3/2022). Foto: IST

Ketua Umum Badan Pengurus Pusat (BPP) Hipmi Mardani H. Maming menyampaikan keseriusan Hipmi turut membangkitkan ekonomi pasca pandemi Covid-19 dari daerah dan salah satu caranya dengan Ekonomi Syariah.

“Masa pandemi ini tidak mengurangi semangat jajaran Hipmi dalam turut berkontribusi bagi pembangunan ekonomi daerah dan nasional pada umumnya. Saya melihat bagaimana kegiatan pariwisata dan ekonomi kreatif, multiplier effect-nya sudah sangat besar bagi perekonomian daerah,” ujar Maming, dalam sambutannyadi Istana Wapres.   

Mantan Bupati Tanah Bumbu Kalimantan Selatan itu mengatakan bahwa inisiasi Hipmi Syariah ini akan bersifat jangka panjang. Begitu pun dengan Hipmi Syariah Conference yang digagas dari Bidang Keuangan dan Perbankan BPP Hipmi, ke depannya akan menjadi gerakan yang berkelanjutan untuk membumikan ekonomi syariah.

“Saya bersyukur niat baik ini kini sudah didukung berbagai pihak mulai dari pemerintahan, BUMN, hingga swasta. Dan semoga dengan adanya Hipmi Syariah bisa menjadi jembatan untuk bangkit bersama untuk memulihkan ekonomi Indonesia,” ucap Mardani dalam keterangan tertulis yang diterima Sabtu (2/4/2022).

Oleh karena itu, melalui Hipmi Goes to Pesantren dan Gerakan Hipmi SyariahPreneur Indonesia, Maming mendeklarasikan untuk mempersiapkan pengusaha-pengusaha muda yang ada di Indonesia.

“Yang mana organisasi Hipmi bisa bekerjasama dengan Nahdlatul Ulama (NU), yang organisasi terbesar di dunia, dan Kebetulan saya menjadi bendahara nya bisa bersinergi untuk bersama-sama membangun bangsa ini lebih maju ke depan,” ungkapnya.

Wapres dan Hipmi
Wapres KH Ma’ruf Amin berfoto bersama pengurus lengkap BPP Hipmi usai meresmikan Hipmi Syariah Conference 2022, di Istana Wakil Presiden, Selasa (29/3/2022). Foto: IST

Di tempat yang sama, Ketua Bidang Keuangan dan Perbankan BPP Hipmi Anggawira mengatakan, ekonomi syariah dipercaya menjadi salah satu instrumen penting dalam pemulihan ekonomi nasional akibat pandemi Covid-19. Dengan jumlah penduduk muslim terbesar di dunia, Indonesia memiliki potensi tersebut.

“Untuk itu, diperlukan peran aktif organisasi masyarakat untuk mendorong kemajuan umat dan ekonomi kerakyatan, sehingga dapat turut berkontribusi dalam pemulihan ekonomi nasional agar melakukan perubahan dari usaha konvensional menjadi usaha berprinsip syariah. Kemudian juga bagaimana memigrasikan atau menghijrahkan yang sekarang masih berada di konvensional menjadi ke syariah, ini hal yang sedang kita bangun,” tutur Anggawira.

Anggawira berharap, dengan hadirnya Hipmi SyariahPreneur mampu membawa kejayaan ekonomi Indonesia dan menghadirkan solusi bagi generasi muda bangsa untuk terus membangkitkan ekonomi dengan semangat keislaman untuk mencapai masyarakat adil dan makmur berbasis syariat islam berskala nasional dan internasional.

“Semoga acara ini dapat membawa manfaat untuk kita semua. Serta menjadi langkah nyata kita dalam membumikan bisnis berbasis syariah,” imbuhnya.

RELATED ARTICLES

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Most Popular

Recent Comments