Tuesday, November 29, 2022
No menu items!
spot_img
HomeNasionalISKA Gelar Munas 2022 di Bali 26-29 Mei

ISKA Gelar Munas 2022 di Bali 26-29 Mei

Jakarta, benang.id – Setelah sempat tertunda setahun karena adanya masa pandemi Covid-19 dengan berbagai pembatasan untuk mencegah meluasnya pandemi, Ikatan Sarjana Katolik Indonesia (ISKA) akan menggelar Musyawarah Nasional (Munas) Tahun 2022 di Inna Heritage Hotel  Jl Veteran No 3 Denpasar, Bali, 26 – 29 Mei 2022.

“Munas ISKA merupakan pemegang kekuasaan tertinggi dalam organisasi ISKA, Kedaulatan tertinggi sepenuhnya berada di tangan peserta, dan dilaksanakan oleh Munas,” ujar Ch Arie Sulistiono, Ketua Panitia Pengarah (SC) Munas, dalam keterangan tertulisnya di Jakarta, Selasa (24/5/2022).  

Munas, jelas Arie, bertugas dan berwenang untuk: Menetapkan atau mengubah AD/ART, Menetapkan Program Umum Organisasi, Menilai laporan pertanggungjawaban Presidium Pusat ISKA, Memilih dan menetapkan Ketua Presidium Pusat ISKA masa bakti berikutnya dan Menetapkan keputusan lain yang dipandang perlu

Ia menjelaskan, Munas 2022 ISKA yang mengambil thema sentral  “Menjunjung Martabat Kemanusiaan dan Kesetaraan” diharapkan akan mampu memberikan semangat dan inspirasi yang mendalam bagi para Iskawan dan Iskawati / aktivis ISKA dalam gerak dan pengabdiannya bagi Gereja, Masyarakat – Bangsa dan Negara. 

“Direncanakan Munas akan dihadiri banyak delegasi yang mewakili pengurus pusat, pengurus daerah dan pengurus cabang ISKA dari seluruh wilayah Indonesia,” ujarnya.

Tidak Kurang dari 250 orang akan terlibat dalam kegiatan itu yang tentu saja masih tetap mengikuti protokol kesehatan (prokes) pencegahan Covid-19. 

Acara Munas akan diawali dengan Perayaan Misa Syukur yang dipimpin oleh Konselebran Utama Uskup Denpasar  Mgr Silvester San, didampingi  oleh Pastor Dr Antonius Widyarsono SJ, Moderator ISKA Pusat dan Pastor Hans Jeharut – Sekretaris Eksekutif Kerawam KWI.

Kemudian acara akan dilanjutkan dengan Upacara Protokoler Kenegaraan dengan dihadiri Presiden RI atau yang mewakili , Gubernur Bali, Tamu Undangan dari Ormas Cendekiawan Pusat dan Bali, serta seluruh peserta munas dari berbagai daerah di seluruh Indonesia.

Direncanakan akan memberikan sambutan dan arahan baik langsung, online maupun taping: Prof Dr Mahfud MD – Menkopolhukam,  Prof Dr Muhajir Effendi – Menko PMK, Jenderal (Purn) Muldoko selaku Kepala Staf Kepresidenan RI,  Mgr Prof Dr Kardinal Ignatius  Suharyo Pr – selaku Ketua KWI ,  Ignatius Jonan selaku Dewan Kehormatan ISKA,  serta Orasi Ilmiah oleh  Dr Andi Wijayanto –Gubernur Lemhannas.

Ketua Presidium ISKA Periode 2017 – 2021 V Hargo Mandirahardjo menyatakan bahwa Munas 2022 kali ini sangat penting bagi ISKA untuk menegaskan kehadirannya sebagai bagian dari anak bangsa.

Menurut dia, dalam  2 tahun lebih masa pandemi ini,  ISKA tidak hanya berdiam diri akan tetapi terus bergerak bersama dengan kelompok – kelompok yang lain berkontribusi dalam meringankan beban dalam mengatasi pandemi Covid-19.

“Dan dengan memanfaatkan teknologi komunikasi modern ISKA terus berkarya melalui seminar-seminar pencerahan dan menerbitkan buku-buku yang menginspirasi terus dalam mencintai dan membangun negeri ini,” ujarnya.

Joanes Joko, Sekretaris Jendral ISKA, yang telah lebih dulu berada di arena kegiatan Munas di Bali menyatakan sampai saat ini telah 14 DPD yang mendaftarkan diri  dan lebih dari 64 cabang yang menyatakan diri ikut Munas ini yang akan dibuka dan dimulai Kamis, 26 Mei 2022 pukul 16.00 WITA.

Munas ini selain mendengar masukan dan arahan, juga akan mendiskusikan dan mengesahkan dalam Rancangan Keputusan Munas 2022 ISKA.

“Adapun berbagai materi penting tersebut menyangkut peninjauan AD dan ART ISKA, Rekomendasi Garis Besar Program ISKA Periode 2022 – 2026, serta Rekomendasi Pokok-pokok Pikiran Kemasyarakatan Bagi Masyarakat, Bangsa dan Negara. Dan juga sangat penting dipilihnya Ketua Presidium ISKA periode 2022 – 2026,” pungkas Arie Sulistiono.   

RELATED ARTICLES

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Most Popular

Recent Comments